ABDULLAH FADJAR, (2008) KELUARGA, PENDIDIKAN, DAN PERKEMBANGAN IPTEK. /Jurnal/Al-Jamiah/Al-Jamiah No. 54 Th. 1994/.
|
Text
02. Abdullah Fajar- KELUARGA, PENDIDIKAN, DAN PERKEMBANGAN IPTEK.pdf - Accepted Version Download (2MB) | Preview |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg Download (0B) |
Abstract
b Menempatkan keluarga dalam perspektif perkembangan IPTEK, membuka peluang suatu pembicaraan budaya yang bermanfaat. Pembicaraan itu kita harapkan dapat mengeksplorasi sejumlah pertanyaan mendasar tentang keluarga sebagai salah satu unit budaya yang dalam era kepesatan perkembangan IPTEK sering ditanggapi secara ambivalent. Di satu sisi kebanyakan kita tetap mengidealisasikan keluarga sebagai satu sentrum peranan memelihara kebutuhan hidup manusia tatkala berbagai pranata seperti pranata sekolah, pergaulan sebaya, pemerintahan dan politik, ekonomi, kesenian, agama mengalami berbagai dislokasi sebagai dampak penerapan IPTEK. Di sisi lain kita menyaksikan lembaga keluarga menjadi rapuh dan sering tidak berdaya menghadapi arus perubahan budaya teknologis. Pertanyaan- pertanyaan mendasar yang dapat dieksplorasi mudah-mudahan berguna untuk meluruskan problematika (terutama pendidikan) keluarga dewasa ini dan akan datang; seterusnya bisa menjadi agenda penelitian ataupun aksi. Adakah perkembangan IPTEK, dengan segala penerapan dan implikasinya, yang semakin pesat akan diikuti perubahan-perubahan struktural pendidikan keluarga? Inilah pertanyaan yang cukup menarik dan penting dieksplorasi. Tidakkah pertanyaan serupa ini cukup mendasar, sejauh inti persoalannya berpusat pada struktur? Tidakkah secara teoritik perubahan struktural akan dibarengi perubahan-perubahan pola interaksi diantara para pelaku sosial dalam keluarga?
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keluarga, Pendidikan, Perkembangan IPTEK |
Subjects: | Al Jamiah Jurnal |
Divisions: | E-Journal |
Depositing User: | Edi Prasetya [edi_hoki] |
Date Deposited: | 15 Apr 2013 16:38 |
Last Modified: | 15 Apr 2013 16:38 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/408 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |