PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA INTERAKTIF BERBASIS BLENDED LEARNING BERORIENTASI REPRESENTASI KIMIA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

Fifi Luthfiyah, 15670012 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA INTERAKTIF BERBASIS BLENDED LEARNING BERORIENTASI REPRESENTASI KIMIA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA INTERAKTIF BERBASIS BLENDED LEARNING BERORIENTASI REPRESENTASI KIMIA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA)
15670012_BAB I_V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA INTERAKTIF BERBASIS BLENDED LEARNING BERORIENTASI REPRESENTASI KIMIA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA)
15670012_BAB II_sampai_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Abstract

Penggunaan media pembelajaran berbasis ICT yang masih minim dalam proses pembelajaran membuat guru sulit menjelaskan materi kimia yang sifatnya abstrak, sehingga diperlukan media pembelajaran yang dapat menggabungkan berbagai media menjadi satu agar dapat menggambarkan ketiga level representasi kimia. Pembelajaran kimia juga dipermudah dengan adanya pembelajaran Blended learning, yaitupembelajaran yang dapat menggabungkan pembelajaran di kelas denganpembelajaran yang menggunakan internet (e-learning). Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengkaji kualitas produk dan respon siswa setelah menggunakan produk. Pengembangan media pembelajaran kimia interaktif berbasis blended learning berorientasi representasi kimia dikembangkan dengan menggunakan desain penelitian Research and Development dan model pengembangan 4-D yang dibatasi sampai pada tahap develop. Teknik pengumpulan data untuk mengkaji kualitas produk dan respon peserta didik adalah dengan menggunakan angket. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa penilaian dengan skala 4 untuk mengetahui iii kualitas produk, sedangkan penilaian dengan skala dua untuk mengetahui respon peserta didik terhadap produk. Teknik analisis data yang digunakan untuk uji kualitas produk dan respon peserta didik adalah dengan mengubah data kualitatif menjadi data kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa produk yang dikembangkan memiliki kualitas yang sangat baik berdasarkan penilaian dosen ahli materi, dosen ahli media, dan tiga orang guru kimia SMA/MA memiliki kualitas yang sangat baik (SB) dengan persentase keidealan berturut-turut sebesar 75 %, 93,18 %, dan 88.33%. Sedangkan untuk respon peserta didiknya dikategorikan sangat baik (SB) dengan persentase keidealan sebesar 80%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Shidiq Premono, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pengembangan, Media Interaktif, Blended Learning, Representasi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Puji Hartati
Date Deposited: 03 Sep 2020 12:10
Last Modified: 17 Sep 2020 12:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40811

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum