FILANTROPI ISLAM DAN PEMBERDAYAAN KOMUNITAS ADAT TERPENCIL: STUDI PROGRAM DA’I CORDOFA DAN SEKOLAH LITERASI INDONESIA DOMPET DHUAFA RIAU

Muhammad Irham, 17200010069 (2019) FILANTROPI ISLAM DAN PEMBERDAYAAN KOMUNITAS ADAT TERPENCIL: STUDI PROGRAM DA’I CORDOFA DAN SEKOLAH LITERASI INDONESIA DOMPET DHUAFA RIAU. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (FILANTROPI ISLAM DAN PEMBERDAYAAN KOMUNITAS ADAT TERPENCIL: STUDI PROGRAM DA’I CORDOFA DAN SEKOLAH LITERASI INDONESIA DOMPET DHUAFA RIAU)
17200010069_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (FILANTROPI ISLAM DAN PEMBERDAYAAN KOMUNITAS ADAT TERPENCIL: STUDI PROGRAM DA’I CORDOFA DAN SEKOLAH LITERASI INDONESIA DOMPET DHUAFA RIAU)
17200010069_BAB II_SAMPAI_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pada era pasca Orde Baru Indonesia menyaksikan tumbuh dan berkembangnya praktik filantropi Islam yang diinisiasi oleh sejumlah Lembaga Amil Zakat (LAZ), yang melaksanakan berbagai program pemberdayaan jangka panjang sebagai bentuk baru praktik filantropi. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap praktik filantropi melalui program pemberdayaan yang diinisiasi oleh Dompet Dhuafa Riau pada Komunitas Talang Mamak sebagai salah satu Komunitas Adat Terpencil di Provinsi Riau. Secara spesifik penelitian ini menelusuri program Da’i Cordofa yang bergerak di bidang dakwah Islam dan program Sekolah Literasi Indonesia yang bergerak di bidang pendidikan. Pertanyaan utama dalam penelitian ini, bagaimana faktor yang melatarbelakangi dan motif dilaksanakannya program serta bagaimana manajemen dari kedua program pemberdayaan yang dilakukan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, dokumentasi dan wawancara kepada pimpinan Dompet Dhuafa Riau, segenap pengurus dan pelaksana program, serta beberapa informan dari masyarakat Talang Mamak sebagai penerima manfaat dari kedua program pemberdayaan. Data yang diperoleh dianalisis melalui kacamata filantropi Islam dan pemberdayaan masyarakat. Penelitian ini menggunakan teori pemberdayaaan masyarakat yang dikemukan oleh Abdul Najib yang mengatakan bahwa pemberdayaan masyarakat adalah suatu upaya mewujudkan kemandirian masyarakat yang lemah dengan melibatkan partisipasi masyarakat yang diberdayakan secara aktif. Program pemberdayaan tersebut sebagai solusi untuk mengurangi kemiskinan dan keterbelakangan di masyarakat. Di samping itu, juga menggunakan analisis Sakai yang mengatakan bahwa organisasi berbasis agama seperti halnya Lembaga Amil Zakat sebagai aktor non negara dalam mendistribusikan kesejahteraan masyarakat. Tesis ini menunjukkan bahwa pelaksanaan program Da’i Cordofa dan Sekolah Literasi Indonesia merupakan suatu bentuk pemberdayaan yang diinisiasi oleh Lembaga Amil Zakat Dompet Dhuafa Riau. Pelaksanaan program-program tersebut dilatarbelakangi oleh kondisi keterbelakangan Komunitas Talang Mamak dalam bidang keagamaan dan bidang pendidikan. Masing-masing program dijalankan oleh konsultan relawan yang dikirimkan dengan pola menetap untuk mendampingi, membina dan memberdayakan masyarakat serta memenuhi kebutuhan masyarakat jangka pendek maupun jangka panjang. Dilaksanakannya kedua program pemberdayaan ini, menunjukkan peran Lembaga Amil Zakat Dompet Dhuafa Riau sebagai aktor non negara dalam mendistribusikan kesejahteraan pada masyarakat pedalaman yang belum tersentuh oleh perhatian negara dengan memanfaatkan dana-dana filantropi seperti zakat, infaq, sedekah dan wakaf yang dihimpun dari masyarakat serta para donatur

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Roma Ulinnuha, MA.
Uncontrolled Keywords: Filantropi Islam, Pemberdayaan komunitas, Komunitas Talang Mamak
Subjects: Pemberdayaan Masyarakat
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies
Depositing User: Wahyani , MIP
Date Deposited: 03 Sep 2020 13:04
Last Modified: 03 Sep 2020 13:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40817

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum