PENGEMBANGAN BUKU TEKS BERMUATAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATERI LAJU REAKSI KIMIA

BAGAS RAHMATA PUTRA, 15670022 (2019) PENGEMBANGAN BUKU TEKS BERMUATAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATERI LAJU REAKSI KIMIA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BUKU TEKS BERMUATAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATERI LAJU REAKSI KIMIA)
15670022_BAB I_V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BUKU TEKS BERMUATAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATERI LAJU REAKSI KIMIA)
15670022_BAB II_sampai_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Kemampuan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skills (HOTS) merupakan salah satu tujuan dalam pembelajaran abad 21. HOTS sangat penting karena diyakini dapat mendorong peserta didik untuk berpikir secara luas dan mendalam tentang materi pelajaran. Berdasarkan hasil studi Programme for International Student Assesment (PISA) 2015, Indonesia menduduki peringkat ke-62 dari 70 negara. Hasil tersebut menunjukkan bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik Indonesia masih sangat rendah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku teks bermuatan Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada materi laju reaksi kimia dan menganalisis kualitas buku teks bermuatan Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada materi laju reaksi kimia berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, guru kimia, dan respon peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan 4D yaitu terdiri atas tahap define, design, develop, dan disseminate, namun tahap disseminate tidak dilakukan. Produk divalidasi oleh dosen pembimbing dan tiga peer reviewer. Kualitas produk dinilai oleh satu ahli materi, satu ahli media, empat guru kimia, dan direspon oleh sepuluh peserta didik. Penilaian kualitas dilakukan dengan metode expert judgement yaitu produk dinilai oleh ahli sesuai bidangnya. Penilaian kualitas dilakukan menggunakan lembar angket skala Likert, sedangkan respon peserta didik dilakukan menggunakan lembar angket skala Guttman. Produk yang telah divalidasi merupakan media cetak berukuran B5 berisi materi laju reaksi kimia yang memuat soal-soal berkarakteristik HOTS dan disertai pembahasan pada setiap soalnya. Hasil penilaian kualitas produk oleh ahli materi mendapatkan persentase 76,00% dengan iii kategori Baik (B), penilaian oleh ahli media mendapatkan persentase 93,33% dengan kategori Sangat Baik (SB), dan penilaian produk oleh guru kimia SMA/MA mendapatkan persentase 87,50% dengan kategori Sangat Baik (SB). Buku ini direspon positif oleh peserta didik dengan persentase sebesar 92,86%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Agus Kamaludin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Penelitian Pengembangan, Buku Teks, Higher Order Thinking Skills, Laju Reaksi Kimia.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Puji Hartati
Date Deposited: 03 Sep 2020 13:21
Last Modified: 17 Sep 2020 11:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40821

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum