HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS DENGAN HASIL BELAJAR DAN KECERDASAN INTERPERSONAL DENGAN MOTIVASI BELAJAR KIMIA

Fatikah Giyana Cahyani, 15670024 (2019) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS DENGAN HASIL BELAJAR DAN KECERDASAN INTERPERSONAL DENGAN MOTIVASI BELAJAR KIMIA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS DENGAN HASIL BELAJAR DAN KECERDASAN INTERPERSONAL DENGAN MOTIVASI BELAJAR KIMIA)
15670024_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS DENGAN HASIL BELAJAR DAN KECERDASAN INTERPERSONAL DENGAN MOTIVASI BELAJAR KIMIA)
15670024_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Kecerdasan yang seseorang terdiri dari delapan jenis atau kecerdasan majemuk. Kecerdasan logis-matematis dan kecerdasan interpersonal dibutuhkan pada pembelajaran kimia. Hasil belajar kimia berkaitan dengan kecerdasan logis- matematis siswa. Sedangkan motivasi belajar kimia berkaitan dengan motivasi belajar siswa. Oleh karena itu, perlu menentukan hubungan yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara kecerdasan logis-matematis terhadap hasil belajar kimia siswa. Selain itu, untuk mengkaji hubungan antara kecerdasan interpersonal terhadap motivasi belajar kimia siswa. Penelitian yang dilakukan termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Partisipan dalam penelitian sebanyak 34 siswa dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket untuk memperoleh data kecerdasan interpersonal dan motivasi. Selain itu, tes untuk memperoleh data kecerdasan logis-matematis dan hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi. Berdasakan hasil penelitian diketahui hubungan antara kecerdasan logis- matematis dengan hasil belajar kimia siswa linier positif dan signifikan dengan nilai r = 0,864 dalam kategori sangat tinggi. Sedangkan hubungan antara kecerdasan interpersonal dengan motivasi belajar kimia siswa linier positif dan signifikan dengan nilai r = 0, 392 dalam kategori rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Shidiq Premono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Kecerdasan Logis-matematis, Kecerdasan Interpersonal, Hasil Belajar, Motivasi Belajar
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Puji Hartati
Date Deposited: 03 Sep 2020 13:33
Last Modified: 17 Sep 2020 11:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40824

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum