PENGARUH PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BATIK JUMPUTAN TERHADAP MOTIVASI KEWIRAUSAHAAN PADA SISWA KELAS V MI AT TAQWA GUPPI WOJOWALUR TAHUN PELAJARAN 2017/2018

TUHARSIH, 16204080045 (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BATIK JUMPUTAN TERHADAP MOTIVASI KEWIRAUSAHAAN PADA SISWA KELAS V MI AT TAQWA GUPPI WOJOWALUR TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BATIK JUMPUTAN TERHADAP MOTIVASI KEWIRAUSAHAAN PADA SISWA KELAS V MI AT TAQWA GUPPI WOJOWALUR TAHUN PELAJARAN 2017/2018)
16204080045_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BATIK JUMPUTAN TERHADAP MOTIVASI KEWIRAUSAHAAN PADA SISWA KELAS V MI AT TAQWA GUPPI WOJOWALUR TAHUN PELAJARAN 2017/2018)
16204080045_BAB-II_SAMPAI_BAB-III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Salah satu cara untuk meningkatkan motivasi kewirausahaan siswa di dalam kelas adalah adanya kreatifitas dan inovasi pendekatan guru dalam proses pembelajaran. Usaha guru dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa adalah penerapan keterampilan batik jumputan. Dengan cara ini siswa dirangsang untuk bersikap mandiri, tanggung jawab, semangat belajar dan menumbuhkan kreatifitas dan inovasi daya terampil siswa. Sehingga siswa dapat mengembangkan keterampilan batik jumputan baik dari awal pembuatan sampai pada tahapan akhir jadi sebuah batik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan keterampilan batik jumputan terhadap motivasi kewirausahaan siswa V MI At-Taqwa GUPPI Wojowalur Kulon Progo. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian korelasi atau korelasional yaitu suatu penelitian untuk mengetahui hubungan dan tingkat hubungan antara dua variabel atau lebih tanpa ada upaya untuk mempengaruhi variabel tersebut sehingga tidak terdapat manipulasi variable. Analisis data penelitian ini dengan menggunakan rumus product moment dan regresi ganda. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif korelasi. Adapun Subjek penelitiannya adalah peserta didik, guru kelas V dan kepala madrasah.. Hasil penelitian ini menunjukkan. Pertama, Penerapan pembelajaran keterampilan batik jumputan pada kelas V MI At-Taqwa GUPPI Wojowalur tahun ajaran 2017/2018 mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan dalam meningkatkan motivasi kewirausahaan siswa. Hal ini sejalan dengan hasil analisis pada data kualitatif yang berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Semua data tersebut menyatakan bahwa siswa setelah mendapatkan pembelajaran keterampilan batik jumputan mereka merasa senang, semangat belajar lebih bergairah lagi. Sehingga jiwa kewirausahaanya tumbuh berkembang menjadi pribadi mandiri, tanggung jawab dan berbasis kreatif-inovatif. Kedua Penelitian ini menggunakan korelasional dengan 2 variabel, satu variabel dependen yaitu motivasi kewirausahaan , dan variabel independen yaitu keterampilan batik jumputan . Kedua variabel ini dibuat suatu angket dengan masing masing variabel 30 pernyataan. Setelah diadakan uji validitas ada 4 pernyataan yang tidak valid dan harus dikeluarkan. Sehingga instrumen penelitianya menjadi 56 pernyatan. Kemudian diadakan uji reliabilitasnya menunjukkan semua instrrumen penelitian reliabel dengan Alpha diatas 0,7, yaitu 0,952. Kemudian dilakukan uji regresi linier sederhana, dengan hasil R2 ( Koefisien determinasi ) 0,775, Dengan demikin maka dapat dikatan bahwa penerapan pembelajaran keterampilan batik jumputan mempunyai pengaruh yang sangat positif dalam peningkatan motivasi kewirausahaan siswa dengan rata – rata prosentasi peningkatan sejumlah 77,5 %.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Istiningsih, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: pendidikan karakter, kewirausahaan siswa,
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2) > Konsentrasi Guru Kelas
Depositing User: Wahyani , MIP
Date Deposited: 04 Sep 2020 09:51
Last Modified: 04 Sep 2020 09:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40838

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum