PEMBELAJARAN QIRĀ’AH BAGI SISWA KELAS X IPS 1 MADRASAH ALIYAH NEGERI 4 BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019

Nurhayati, NIM. 15420021 (2019) PEMBELAJARAN QIRĀ’AH BAGI SISWA KELAS X IPS 1 MADRASAH ALIYAH NEGERI 4 BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN QIRĀ’AH BAGI SISWA KELAS X IPS 1 MADRASAH ALIYAH NEGERI 4 BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019)
15420021_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN QIRĀ’AH BAGI SISWA KELAS X IPS 1 MADRASAH ALIYAH NEGERI 4 BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019)
15420021_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (537kB)

Abstract

NURHAYATI (15420021), Pembelajaran Qirā’ah Bagi Siswa Kelas X IPS 1 Madrasah Aliyah Negeri 4 Bantul Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019). Skripsi. Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran qirā’ah serta bagaimana pembelajaran qirā’ah ditinjau dari aspek fonologi dan aspek semantik yang dilaksanakan pada kelas X IPS 1 Madrasah Aliyah Negeri 4 Bantul Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas X IPS 1 MAN 4 Bantul Yogyakarta. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) dalam proses pembelajaran qirā’ah kelas X IPS 1 guru menggunakan metode langsung dan metode ceramah, dalam pembelajarannya guru lebih menekankan pada aspek memahami bacaan dengan mencari terjemahan secara perkata kemudian dilanjutkan memahami bacaan secara garis besarnya saja, adapun dalam hal pemahaman dari segi penekanan kalimat serta tajwid masih kurang maksimal. (2) Adapun pembelajaran qirā’ah ditinjau dari dua aspek linguistik yaitu : (a) Aspek fonologi/ashwat, bahwa dalam membaca teks bahasa Arab siswa masih belum bisa memahami dan membedakan harokat antara fatkhah, kasrah, dan dhamah. Selain itu siswa juga masih belum bisa membedakan bunyi huruf hijaiyah satu dengan yang lainnya. Siswa dikatakan paham terhadap bacaan berarti siswa juga memahami harokat dan perbedaan bunyi huruf hijaiyah. (b) Aspek Semantik, yaitu masih ada sebagian siswa yang belum memahami makna dalam suatu kata atau kalimat serta kesalahan-kesalahan siswa dalam menerjemahkan suatu lafal bahasa Arab ke dalam bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: H. Syamsuddin Asyrofi, MM.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Qirā’ah, Siswa.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: S.Sos Suhardi
Date Deposited: 16 Nov 2020 09:22
Last Modified: 16 Nov 2020 09:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40842

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum