OPTIMALISASI PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KOMITE SEKOLAH GUNA PENINGKATAN MUTU LAYANAN PENDIDIKAN DI SD MUHAMMADIYAH BENDO KABUPATEN KULON PROGO

Slamet Sulbani, 16204080049 (2019) OPTIMALISASI PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KOMITE SEKOLAH GUNA PENINGKATAN MUTU LAYANAN PENDIDIKAN DI SD MUHAMMADIYAH BENDO KABUPATEN KULON PROGO. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (OPTIMALISASI PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KOMITE SEKOLAH GUNA PENINGKATAN MUTU LAYANAN PENDIDIKAN DI SD MUHAMMADIYAH BENDO KABUPATEN KULON PROGO)
16204080049_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (OPTIMALISASI PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KOMITE SEKOLAH GUNA PENINGKATAN MUTU LAYANAN PENDIDIKAN DI SD MUHAMMADIYAH BENDO KABUPATEN KULON PROGO)
16204080049_BAB-II_SAMPAI_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Tesis ini merupakan kajian tentang Optimalisasi Peran Kepala Sekolah Dan Komite Sekolah Guna Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan. Penelitian ini bertujuan: Pertama, mendeskripsikan kepeimpinan kepala sekolah dan komite sekolah guna meningkatkan mutu layanan di SD Muhammadiyah Bendo, Kabupaten Kulon Progo.. Kedua, mengetahui upaya optimalisasi peran kepala sekolah dan komite sekolah guna peningkatan mutu layanan pendidikan di SD Muhammadiyah Bendo, Kabupaten Kulon Progo. Ketiga, mengetahuai hasil dari upaya optimalisasi peran kepala sekolah dan komite sekolah guna penigkatan mutu layanan pendidikan di SD Muhammadiyah Bendo, Kabupaten Kulon Progo. Keempat, mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat optimalisasi peran kepala sekolah dan komite sekolah guna meningkatkan mutu layanan pendidikan di SD Muhammadiyah Bendo, Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini berorientasi pada penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskripsi non statistic sebagai upaya untuk menggambarkan gejala peristiwa atau kejadian yang actual pada obyek. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan sumber data kepala sekolah, guru, karyawan, komite sekolah, orang tua siswa dan siswa. Pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara kemudian dianalisa dengan teknik analisis deskripsi kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan: Pertama, optimalisai peran kepala sekolah sebagai educator, manager, administrator, supervisor, leader, innovator, dan motivator dan pemenuhan SNP telah sebagian besar terwujud, akan tetapi masih ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan dalam rangka meningkatkan mutu layanan pendidikan. Kedua, optimalisasi peran komite sekolah sebagai pemberi perimbangan, dukungan, kontrol, dan sebagai mediator untuk meningkatkan mutu layanan pendidikan. Ketiga, hasil dari optimalisasi peran kepemimpinan kepala sekolah dan komite sekolah. Keempat, faktor pendukung dalam upaya ini yaitu: sekolah mendapatkan legalitas dengan meperoleh akreditasi B, adanya fasilitas yang lengkap, peran orang tua, dan kekompakan seluruh elemen di SD Muhammadiyah Bendo. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu peggunaan sarana prasana sekolah yang belum optimal, perpustakaan dan UKS belum memenuhi standar pelayanan, 50% guru yang kurang optimal dalam memenfaaatkan sarana prasarana pendidikan, latar belakang orang tua yang heterogen dari sisi ekonomi maupun pendidikan sehingga mempengaruhi mindset nya dalam menyelesaikan masalah anaknya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Subiyantoro, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Manajemen pendidikan, kepemimpinan Kepala Sekolah, komite sekolah, mutu pendidikan SD
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2) > Konsentrasi Guru Kelas
Depositing User: Wahyani , MIP
Date Deposited: 04 Sep 2020 10:33
Last Modified: 04 Sep 2020 10:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40847

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum