PENGEMBANGAN MODUL PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN (PKWU) BERMUATAN CHEMOENTREPRENEURSHIP (CEP) UNTUK SISWA SMA/MA

Monica Elsa Iriyanti, 15670046 (2019) PENGEMBANGAN MODUL PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN (PKWU) BERMUATAN CHEMOENTREPRENEURSHIP (CEP) UNTUK SISWA SMA/MA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN (PKWU) BERMUATAN CHEMOENTREPRENEURSHIP (CEP) UNTUK SISWA SMA/MA)
15670046_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN (PKWU) BERMUATAN CHEMOENTREPRENEURSHIP (CEP) UNTUK SISWA SMA/MA)
15670046_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah tingkat pengangguran terbuka lulusan SMA/MA yang relatif tinggi menyebabkan prakarya dan kewirausahaan (PKWU) menjadi mata pelajaran wajib. Dalam pelaksanaanya, pembelajaran PKWU masih memiliki banyak kendala dan masalah yaitu kurangnya guru profesional dibidangnya sehingga banyak guru kimia yang menjadi pengajar mata pelajaran PKWU, disamping iu karena sedikitnya bahan ajar PKWU yang tersedia di sekolah. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan modul sebagai sumber pendukung belajar siswa yang dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari khususnya dalam bidang prakarya dan kewirausahaan serta kimia. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan modul prakarya dan kewirausahaan (PKWU) bermuatan Chemoentrepreneurship (CEP), menganalisis kualitas modul berdasarkan penilaian dosen ahli dan guru serta respon siswa terhadap modul. Pengembangan ini menggunakan model 4-D yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), disseminate (penyebarluasan), namun tahap disseminate tidak dilakukan dalam penelitian ini. Produk yang dikembangkan divalidasi oleh satu dosen ahli materi, satu dosen ahli media, dan tiga reviewer (guru PKWU dan kimia) serta direspon oleh sepuluh siswa SMA/MA MIPA. Penilaian kualitas dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa lembar penilaian kualitas dengan skala Likert. Sedangkan respon siswa dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa lembar angket skala Guttman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan modul prakarya dan kewirausahaan (PKWU) bermuatan Chemoentrepreneurship (CEP) berisi praktikum prakarya dan kewirausahaan yang dikaitkan dengan materi kimia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase keidealan penilaian kualitas modul prakarya dan kewirausahaan (PKWU) dari ahli materi 84,28% dengan kategori Sangat Baik (SB), ahli media 95,38% dengan kategori Sangat Baik (SB), guru PKWU dan kimia 89% dengan kategori Sangat Baik (SB). Modul prakarya dan kewirausahaan (PKWU) bermuatan Chemoentrepreneurship (CEP)ini juga direspon positif dengan persentase sebesar 98%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Agus Kamaludin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Penelitian Pengembangan, Modul, Prakarya dan Kewirausahaan, Kimia, dan Chemoentrepreneurship.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Puji Hartati
Date Deposited: 04 Sep 2020 10:51
Last Modified: 04 Sep 2020 10:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40851

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum