PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PEER LED GUIDED INQUIRY (PLGI) TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN KEMAMPUAN LITERASI KIMIA PESERTA DIDIK

Fatin Nur Utami, 15670047 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PEER LED GUIDED INQUIRY (PLGI) TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN KEMAMPUAN LITERASI KIMIA PESERTA DIDIK. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PEER LED GUIDED INQUIRY (PLGI) TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN KEMAMPUAN LITERASI KIMIA PESERTA DIDIK)
15670047_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PEER LED GUIDED INQUIRY (PLGI) TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN KEMAMPUAN LITERASI KIMIA PESERTA DIDIK)
15670047_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Pembelajaran dengan sistem student center menuntut peran aktif peserta didik, sehingga peserta didik dapat mengembangkan keterampilan komunikasi dan meningkatkan literasi kimianya. Salah satu cara yang dapat digunakan adalah menggunakan model pembelajaran Peer Led Guided Inquiry (PLGI). Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji (1) pengaruh model pembelajaran peer led guided inquiry terhadap kemampuan komunikasi, dan (2) mengkaji pengaruh model pembelajaran Peer Led Guided Inquiry (PLGI) terhadap kemampuan literasi kimia peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain nonequivalent control pretest-posttest group design. Penelitian dilakukan di MAN 4 Bantul kelas XI MIPA tahun ajaran 2018/2019 pada materi pokok koloid. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA yang terdiri 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling yaitu kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket komunikasi serta literasi kimia dengan analisis data menggunakan uji Mann-Whitney dan soal tes literasi kimia berupa pretest dan posttest dinalisa menggunakan uji Independent Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan (1) tidak ada pengaruh yang signifikan dari penggunan model pembelajaran Peer Led Guided Inquiry (PLGI) terhadap keterampilan komunikasi. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig.(2-tailed) dari uji Mann Whitney> 0,05 yaitu sebesar 0,733 (2) ada pengaruh yang signifikan dari penggunan model pembelajaran Peer Led Guided Inquiry (PLGI) terhadap kemampuan literasi kimia dilihat dari hasil tes literasi kimia. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig.(2-tailed) dari uji t< 0,05 yaitu sebesar 0,00. Sedangkan dilihat dari hasil angket menunjukkan tidak ada pengaruh yang signifikan dari penggunan model pembelajaran Peer Led Guided Inquiry (PLGI) dengan nilai sig.(2-tailed) dari uji Mann Whitney> 0,05 yaitu sebesar 0,566.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Shidiq Premono M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Peer Led Guided Inquiry, Keterampilan Komunikasi, Kemampuan Literasi Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Puji Hartati
Date Deposited: 04 Sep 2020 11:19
Last Modified: 04 Sep 2020 11:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40854

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum