PERMAINAN TRADISIONAL PATHILAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA: STUDI EKSPERIMEN DI SD MUHAMMADIYAH PURWOSARI GIRIMULYO, KULONPROGO

Muhsinatun, 16204080050 (2019) PERMAINAN TRADISIONAL PATHILAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA: STUDI EKSPERIMEN DI SD MUHAMMADIYAH PURWOSARI GIRIMULYO, KULONPROGO. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PERMAINAN TRADISIONAL PATHILAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA: STUDI EKSPERIMEN DI SD MUHAMMADIYAH PURWOSARI GIRIMULYO, KULONPROGO)
16204080050_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PERMAINAN TRADISIONAL PATHILAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA: STUDI EKSPERIMEN DI SD MUHAMMADIYAH PURWOSARI GIRIMULYO, KULONPROGO)
16204080050_BAB-II_SAMPAI_BAB-IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Teknik pembelajaran yang aktif merupakan cara kreatif untuk meningkatkan perhatian, motivasi, dan keterlibatan siswa dianggap membantu proses belajar di kelas sehingga perlu diterapkan dalam proses pembelajaran khususnya untuk menunjang kemampuan berhitung pada siswa sekolah dasar. Proses pembelajaran yang aktif tidak terlepas dari media pembelajaran yang digunakan dalam proses belajar diantaranya adalah permainan tradisional pathilan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan permainan tradisional dalam pembelajaran matematika di SD Muhammadiyah Purwosari, untuk mengetahui partisipasi peserta didik SD dalam permainan tradisional dalam pembelajaran matematika, untuk mengetahui pengaruh permainan pathilan terhadap kemampuan anak dalam berhitung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimental yaitu one group pre test – post tes design. Jumlah subjek adalah 18 siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan rata-rata kemampuan berhitung siswa SD sebelum dan setelah diberikan media pembelajaran berupa permainan tradisional pathilan, dengan nilai t = -4,734 dan nilai p = 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran permainan tradisional pathilan efektif untuk meningkatkan kemampuan berhitung siswa SD Muhammadiyah Purwosari.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Abdul Munip, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran matematika, permainan pathilan, media pembelajaran
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2) > Konsentrasi Guru Kelas
Depositing User: Wahyani , MIP
Date Deposited: 04 Sep 2020 13:17
Last Modified: 04 Sep 2020 13:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40860

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum