i ANALISIS KESALAHAN QIRA’AH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS XI IIS 2 MA KETERAMPILAN AL-IRSYAD GAJAH DEMAK TAHUN AJARAN 2018/2019

Nisda Fahrunnisa, NIM. 15420024 (2019) i ANALISIS KESALAHAN QIRA’AH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS XI IIS 2 MA KETERAMPILAN AL-IRSYAD GAJAH DEMAK TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (i ANALISIS KESALAHAN QIRA’AH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS XI IIS 2 MA KETERAMPILAN AL-IRSYAD GAJAH DEMAK TAHUN AJARAN 2018/2019)
15420024 BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA .pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (i ANALISIS KESALAHAN QIRA’AH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS XI IIS 2 MA KETERAMPILAN AL-IRSYAD GAJAH DEMAK TAHUN AJARAN 2018/2019)
15420024 BAB II, III, IV .pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Nisda Fahrunnisa (15420024). Analisis Kesalahan Qira’ah dalam Pembelajaran Bahasa Arab Kelas XI IIS 2 MA Keterampilan Al-Irsyad Gajah Demak. Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk kesalahan qira’ah dalam 4 aspek yaitu : fonologi, sintaksis, morfologi, semantik, faktor-faktor penyebab kesalahan qira’ah dan upaya untuk memimalisir kesalahan qira’ah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dilakukan di MA Keterampilan Al-Irsyad Gajah Demak dan pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hampir seluruh siswa kelas XI IIS 2 mengalami kesalahan qira’ah di setiap aspek, yaitu 11 siswa mengalami kesalahan di aspek fonologi, 38 siswa mengalami kesalahan di aspek sintaksis, 39 siswa mengalami kesalahan di aspek morfologi dan 39 siswa mengalami kesalahan diaspek semantik. Faktor penyebab kesalahan qira’ah siswa kelas XI IIS 2 MA Keterampilan Al-Irsyad Gajah Demak adalah latar belakang yang berbeda-beda, tidak sekolah madrasah diniyyah di kampungnya, alokasi waktu pembelajaran bahasa Arab yang terbatas, salah memahami suatu kata sehingga mengakibatkan salah terjemah dan minimnya semangat siswa pada mata pelajaran bahasa Arab. Adapun upaya untuk meminimalisir kesalahan qira’ah dalam pembelajaran bahasa Arab kelas XI IIS 2 MA Keterampilan Al-Irsyad Gajah Demak adalah guru bahasa Arab akan melakukan pendampingan dan kontrol yang terus menerus pada siswa, pihak sekolah akan menerapkan 1 jam pelajaran mulok melalui program baca tulis Al-Qur’an dan xvii qira’ah al-Qur’an setiap hari sebelum proses pembelajaran dimulai, siswa kelas XI IIS 2 akan lebih giat belajar bahasa Arab dan berlatih membaca teks Arab berulang-ulang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs, H. Syamsuddin Asyrofi, M.M
Uncontrolled Keywords: Kesalahan, Kesalahan Qira’ah, Bahasa Arab.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: S.Sos Suhardi
Date Deposited: 04 Sep 2020 13:24
Last Modified: 04 Sep 2020 13:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40861

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum