MANAJEMEN PEMASARAN PENDIDIKAN DI SD MAARIF NURUL JANNAH TEMON KULON PROGO

Dwi Ratna Fajar Rahayu, 16204080052 (2018) MANAJEMEN PEMASARAN PENDIDIKAN DI SD MAARIF NURUL JANNAH TEMON KULON PROGO. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PEMASARAN PENDIDIKAN DI SD MAARIF NURUL JANNAH TEMON KULON PROGO)
16204080052_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (92MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PEMASARAN PENDIDIKAN DI SD MAARIF NURUL JANNAH TEMON KULON PROGO)
16204080052_BAB II_SAMPAI_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah tingginya minat masyarakat untuk menyekolahkan anak-anaknya ke Sekolah Dasar Maarif Nurul Jannah. Meskipun sekolah ini baru berdiri pada tahun 2014, namun sampai saat ini menduduki peringkat kedua jumlah siswa terbanyak di Kecamatan Temon. Jumlah calon peserta didik baru Sekolah Dasar Maarif Nurul Jannah selalu mengalami peningkatan dalam setiap tahunnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran pendidikan yang diterapkan oleh Sekolah Dasar Maarif Nurul Jannah, mengetahui faktor penghambat dan pendukung penerapan strategi pemasaran pendidikan tersebut, dan mengetahui dampak penerapan strategi pemasaran tersebut terhadap perkembangan Sekolah Dasar Maarif Nurul Jannah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggambarkan secara sistematis mengenai strategi pemasaran pendidikan yang diterapkan oleh Sekolah Dasar Maarif Nurul Jannah. Metode pengumpulan data meliputi pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Uji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, strategi pemasaran pendidikan Sekolah Dasar Maarif Nurul Jannah menerapkan konsep bauran pemasaran. Konsep bauran pemasaran tersebut meliputi: (a) product, membentuk generasi berprestasi dan berjiwa qur’ani; (b) price, keseimbangan antara biaya yang dikeluarkan dengan mutu yang dihasilkan; (c) place, lokasi sekolah yang sangat strategis; (d) promotion, sosialisasi ke Roudlotul Athfal/Taman Kanak-Kanak; (e) people, memiliki tenaga pendidik dan kependidikan yang berkompeten dan hafidz/hafidzah; (f) physical evidence, memiliki sarana dan prasarana yang menunjang proses pembelajaran; dan (g) process, proses pembelajaran menggunakan dua kurikulum, yaitu Kurikulum 2006 dan kurikulum 2013 dilengkapi dengan program tahsin dan tahfidz. Kedua, faktor penghambat strategi pemasaran meliputi; (a) dana, dana yang dimiliki Sekolah Dasar Maarif Nurul Jannah terbatas; (b) sumber daya manusia, sebagian besar tenaga pendidik Sekolah Dasar Maarif Nurul Jannah belum berijazah S1; dan (c) sarana prasarana, belum memiliki ruang perpustakaan dan mushalla. Sedangkan faktor pendukung strategi pemasaran meliputi; (a) letak Sekolah Dasar Maarif Nurul Jannah yang sangat strategis dan (b) Sekolah Dasar Maarif Nurul Jannah menawarkan produk yang unggul dalam bidang keagamaan. Ketiga, strategi pemasaran yang diterapkan Sekolah Dasar Maarif Nurul Jannah berdampak positif terhadap jumlah calon peserta didik baru.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Subiyantoro, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: manajemen pendidikan, promosi pendidikan, SD Maarif Nurul Jannah
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2) > Konsentrasi Guru Kelas
Depositing User: Wahyani , MIP
Date Deposited: 04 Sep 2020 13:34
Last Modified: 04 Sep 2020 13:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40866

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum