PROBLEMATIKA LINGKUNGAN BERBAHASA ARAB SANTRI DI PESANTREN ISLAM AL IMAN MUNTILAN

Maryam Ulibaqiyyah Assalma, NIM. 15420042 (2019) PROBLEMATIKA LINGKUNGAN BERBAHASA ARAB SANTRI DI PESANTREN ISLAM AL IMAN MUNTILAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROBLEMATIKA LINGKUNGAN BERBAHASA ARAB SANTRI DI PESANTREN ISLAM AL IMAN MUNTILAN)
15420042_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PROBLEMATIKA LINGKUNGAN BERBAHASA ARAB SANTRI DI PESANTREN ISLAM AL IMAN MUNTILAN)
15420042_BAB-II_III_IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Maryam Ulibaqiyyah Assalma, Problematika Lingkungan Berbahasa Arab Santri di Pesantren Islam Al Iman Muntilan. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga, 2019. Latar belakang penelitian ini adalah kegelisahan peneliti atas kondisi lingkungan berbahasa Arab di pesantren Islam Al Iman yang belum berjalan dengan baik. Banyak santri dan beberapa pihak pesantren yang menggunakan bahasa Jawa dan belum menggunakan kaidah Nahwu Sharaf yag benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan program lingkungan berbahasa Arab di pesantren, problematika yang ada di dalamnya, serta faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan kegiatan kebahasaan di Pesantren Islam Al Iman. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian, teknik validasi dan keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber, trianggulasi teknik, dan trianggulasi waktu. Subjek penelitian ini adalah kepala biro pengasuhan santri, pengurus OSPIA bagian bahasa, dan beberapa santri pesantren Islam Al Iman Muntilan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan kegiatan kebahasaan di program lingkungan berbahasa Arab pesantren belum berjalan maksimal, masih banyak kendala dalam pelaksanaan kegiatan kebahasaan yang berasal dari santri maupun penanggungjawab program. (2) Problematika yang ada di lingkungan bahasa ada 3, (a) problem materi pembelajaran, yaitu materi yang belum tersusun rapi (b) problem pengajar, yaitu riayah dan pengurus OSPIA belum bisa menjadi contoh yang baik bagi santri dalam hal berbahasa (c) problem santri: problem non kebahasaan berupa rendahnya motivasi santri dan problem kebahasaan yaitu santri masih mengalami kesulitan dalam empat keterampilan berbahasa Arab dikarenakan kurangnya pembiasaan dan kurangnya penguasaan mufradat dan kaidah Nahwu-Sharaf (3) Faktor pendukung lingkungan berbahasa Arab adalah (a) Minat santri yang tinggi (b) Tersedianya lingkungan berbahasa Arab di asrama (c) Adanya peraturan wajib berbahasa Arab 24 jam, dan (d) Adanya berbagai kegiatan kebahasaan yang wajib diikuti oleh semua santri. Sedangkan penghambatnya adalah (a) Motivasi santri yang rendah (b) Kurangnya pemantauan dan pencontohan dari riayah dan pengurus OSPIA (c) Belum ada hukuman bagi pelanggar bahasa di asrama putra (d) Kurangnya personil di pengurus OSPIA putra.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nurul Huda, S.S., M. Pd. 1.
Uncontrolled Keywords: Problematika, lingkungan bahasa, bahasa Arab, pesantren Islam Al Iman
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: S.Sos Suhardi
Date Deposited: 16 Nov 2020 09:30
Last Modified: 16 Nov 2020 09:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40883

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum