PENGEMBANGAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM ZAKAT COMMUNITY DEVELOPMENT BAZNAS KOTA YOGYAKARTA (TINJAUAN MAQĀṢID ASY-SYARĪʻAH)

FITRIA ANDRIANI, 17203010032 (2019) PENGEMBANGAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM ZAKAT COMMUNITY DEVELOPMENT BAZNAS KOTA YOGYAKARTA (TINJAUAN MAQĀṢID ASY-SYARĪʻAH). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM ZAKAT COMMUNITY DEVELOPMENT BAZNAS KOTA YOGYAKARTA (TINJAUAN MAQĀṢID ASY-SYARĪʻAH))
17203010032_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA...pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM ZAKAT COMMUNITY DEVELOPMENT BAZNAS KOTA YOGYAKARTA (TINJAUAN MAQĀṢID ASY-SYARĪʻAH))
17203010032_BAB II-S.D.SEBELUMTERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari ketertarikan penulis untuk mengkaji tentang zakat sebagai solusi dalam pengembangan masyarakat, melihat tingginya angka kemiskinan dan kawasan kumuh yang ada di Kota Yogyakarta tepatnya di Kampung Sidomulyo serta tingginya perilaku yang menyimpang seperti Pekerja Seks Komersial di Kampung Mrican, maka diperlukan pendampingan khusus dan berkelanjutan dari berbagai pihak. Dalam hal ini Baznas berperan terhadap penanggulangan tersebut, dengan program unggulannya zakat community development yang direalisasikan dalam bentuk kampung taqwa, kampung pintar dan kampung sejahtera. Dari problematikan diatas, penulis menganalisis permasalahan ini dengan teori maqāṣid asy-syarīʻah yang ditawarkan Jasser Auda, dengan rumusan masalah pada penelitian ini meliputi dua pertanyaan besar yaitu, pertama adalah bagaimana implementasi dari program zakat community development yang telah dijalankan Baznas Kota Yogyakarta serta kedua adalah bagaimana analisis maqāṣid asy-syarīʻah terhadap implementasi dari zakat community development dalam pengembangan masyarakat Kota Yogyakarta yang telah dijalankan. Penelitian ini menggunakan pendekatan filosofis, dan penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik. Penelitian ini memberikan hasil sebagai berikut, pertama, Implementasi dari program jogja taqwa telah memberikan dampak yang signifikan terhadap warga Mrican, dapat dilihat dari berkurangnya prilaku prilaku yang menyimpang seperti Pekerja Seks Komersial yang sudah berkurang bahkan sudah tidak berdomisili di daerah tersebut, serta meningkatkan nilai religiusitas warga setempat. Kedua, program zakat community development pada kampung pintar telah memberikan dampak yang positif pula yakni kehidupan masyarakat menjadi lebih baik dan telah tercapainya tujuan dari maqāṣid asy-syarīʻah dengan pengklasifikasianya telah tercapai maqashid ammah, khassah dan juziyyah dari tujuan pembentukan program.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Sri Wahyuni, S.Ag., M.Ag., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Zakat, community development , Maqāṣid Asy-syarīʻah, Jasser Auda.
Subjects: Hukum Islam > Zakat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Islam (S-2)
Depositing User: Wahyani , MIP
Date Deposited: 09 Sep 2020 09:42
Last Modified: 09 Sep 2020 09:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40908

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum