IMPLEMENTASI KOMUNIKASI EDUKATIF DALAM PEMADUAN IMAN, ILMU DAN AMAL STUDI PEMBELAJARAN PAI DI SMA IT ABU BAKAR YOGYAKARTA

Andrianto, 17204010045 (2019) IMPLEMENTASI KOMUNIKASI EDUKATIF DALAM PEMADUAN IMAN, ILMU DAN AMAL STUDI PEMBELAJARAN PAI DI SMA IT ABU BAKAR YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI KOMUNIKASI EDUKATIF DALAM PEMADUAN IMAN, ILMU DAN AMAL STUDI PEMBELAJARAN PAI DI SMA IT ABU BAKAR YOGYAKARTA)
17204010045_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI KOMUNIKASI EDUKATIF DALAM PEMADUAN IMAN, ILMU DAN AMAL STUDI PEMBELAJARAN PAI DI SMA IT ABU BAKAR YOGYAKARTA)
17204010045_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Komunikasi edukatif dalam pemaduan iman, ilmu dan amal adalah komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang mana kominukasi tersebut bersifat mendidik. Komunikasi ini sangant baik untuk dikuasai oleh guru demi kelancaran peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan penulis yakni jenis penelitian kualitatif. subyek penelitian ini yaitu guru PAI dan siswa SMA IT Abu Bakar Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Analisis data dilakukan melalui empat tahap yaitu: klarifikasi data, reduksi data, interprestasi data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengumpulan data dengan metode induktif yaitu mencari data sebanyak-banyaknya lalu disimpulkan (umum-khusus). Adapun hasil penelitian ini yaitu: 1) konsep karakteristik dan Implementasi komunikasi edukatif dalam pemaduan iman, ilmu dan amal. Studi pembelajaran PAI di SMA IT Abu Bakar Yogyakarta, jadi seorang guru harus menyiapkan bahan ajar dan seorang guru harus mampu menjelaskan dan bisa menguasai materi yang di ajarkan di dalam kelas, dan seorang guru harus mampu memberikan contoh dalam kehidupan sehari-hari supanya siswa mudah memahami isi materi yang di ajarkannya dan konsep dalam pembelajaran PAI mengacu pada kurikulum JSIT dan penggabungan dinas contohnya dengan memadukan iman, ilmu dan amal dalam kehidupan sehari-hari. 2) implementasi komunikasi edukatif dalam pemaduan iman, ilmu dan amal. Studi pembelajaran PAI di SMA IT Abu Bakar Yogyakarta, implementasinya pukul 7:30 semua siswa sudah di dalam kelas dan membaca do’a dan tadarus al-Qur’an, setiap hari jumat bagi yang putra wajib shalat jum’at, puasa senin kamis, makan bersama, mengadakan peringatan hari besar seperti pesantren kilat di bulan romadhon, bakti amal sosial dan di SMA IT Abu Bakar Yogyakarta tidak mengenal hari setiap hari ada program Islami, seni keislaman kaligrafi, tilawah, hadroh, nasid, dan ada mentoring agama dan ada Boarding Scool, Full Day, Ekstrakulikuler, olahraga, robotik, jurnal, pramuka (kepanduan), mentoring membeking iman, ilmu dan amal. 3) kontribusi lembaga pendidik dalam implementasi komunikasi edukatif dalam pemaduan iman, ilmu dan amal. Studi pembelajaran PAI di SMA IT Abu Bakar Yogyakarta, kontribusi konsepya jelas KYM yaitu konsursium yayasan mulia mengawal dan mengelola yayasan dari konsep pembelajaran, Islam jadi ruh utama di SMA IT Abu Bakar Yogyakarta jadi semua guru seperti guru PAI dan dari SD, SMP, SMA, yayasan bagaimana mengelola dari segi manajemen, fasilitas, litbang semuanya yang mengurusi yayasan sangat membantu dan kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Usman, SS., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Edukatif, Pemaduan Iman Ilmu Dan Amal
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Wahyani , MIP
Date Deposited: 09 Sep 2020 10:55
Last Modified: 09 Sep 2020 10:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40913

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum