PERAN DIGITAL PARENTING TERHADAP PERKEMBANGAN PERILAKU PROSOSIAL DAN BERPIKIR LOGIS ANAK KELAS B DI RA BUNAYYA GIWANGAN

Sri Maisari, 17204030021 (2019) PERAN DIGITAL PARENTING TERHADAP PERKEMBANGAN PERILAKU PROSOSIAL DAN BERPIKIR LOGIS ANAK KELAS B DI RA BUNAYYA GIWANGAN. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PERAN DIGITAL PARENTING TERHADAP PERKEMBANGAN PERILAKU PROSOSIAL DAN BERPIKIR LOGIS ANAK KELAS B DI RA BUNAYYA GIWANGAN)
Sri Maisari_17204030021_BAB I_BAB V.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PERAN DIGITAL PARENTING TERHADAP PERKEMBANGAN PERILAKU PROSOSIAL DAN BERPIKIR LOGIS ANAK KELAS B DI RA BUNAYYA GIWANGAN)
Sri Maisari_17204030021_BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Kemajuan teknologi memberikan perubahan terhadap kehidupan manusia termasuk dalam mendidik anak. Orang tua berperan penting dalam mendidik anak di era digital. Saat ini anak tidak dapat dipisahkan dengan teknologi digital. Pengunaan teknologi digital seperti gadget terlalu lama dan tanpa pengawasan orang tua akan berdampak negatif terhadap perkembangan anak. Salah satunya adalah aspek perkembangan perilaku prososial dan berpikir logis anak. Orang tua harus paham bagaimana mendidik anak di era digital atau yang disebut dengan digital parenting. Penelitian ini bertujuan 1) mendeskripsikan penerapan konsep digital parenting yang dilakukan orang tua terhadap anak kelas B di RA Bunayya; 2) mengetahui peran digital parenting terhadap perkembangan perilaku prososial; dan 3) mengetahui peran digital parenting terhadap perkembangan berpikir logis anak kelas B RA Bunayya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) penerapan konsep digital parenting terhadap anak meliputi: menerapkan aturan dan kesepakatan terkait penggunaan gadget; membimbing dan mendampingi anak; menggunakan parental control, dan menyeimbangkan dunia digital anak dengan dunia nyata. 2) Peran digital parenting terhadap perilaku prososial meliputi; sebagai edukasi perilaku prososial; menanamkan nilai-nilai prososial dari tontonan anak; dan sebagai kontrol anak terhadap tontonan yang tidak pantas; dan menyeimbangkan dunia bermain anak dengan gadget dan dunia nyata. 3) Peran digital parenting terhadap berpikir logis anak sebagai edukasi sekaligus hiburan bagi anak; menstimulasi berpikir logis; mengontrol, mengawasi, membimbing anak dan sebagai usaha untuk menghindari anak kecanduan gadget.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Sigit Purnama, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Digital Parenting, Perilaku Prososial, Berpikir Logis
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: Wahyani , MIP
Date Deposited: 09 Sep 2020 11:55
Last Modified: 09 Sep 2020 11:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40918

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum