MODEL ORGANISASI KURIKULUM BAHASA ARAB KULLIYYATUL MU’ALLIMĪN AL ISLĀMIYAH (KMI) DI PONDOK PESANTREN PABELAN MUNGKID MAGELANG

Asmak Anisah, NIM: 15420113 (2019) MODEL ORGANISASI KURIKULUM BAHASA ARAB KULLIYYATUL MU’ALLIMĪN AL ISLĀMIYAH (KMI) DI PONDOK PESANTREN PABELAN MUNGKID MAGELANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MODEL ORGANISASI KURIKULUM BAHASA ARAB KULLIYYATUL MU’ALLIMĪN AL ISLĀMIYAH (KMI) DI PONDOK PESANTREN PABELAN MUNGKID MAGELANG)
15420113_BAB-I_IV-ATAU-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (MODEL ORGANISASI KURIKULUM BAHASA ARAB KULLIYYATUL MU’ALLIMĪN AL ISLĀMIYAH (KMI) DI PONDOK PESANTREN PABELAN MUNGKID MAGELANG)
15420113_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (482kB)

Abstract

Asmak Anisah (15420113), Model Organisasi Kurikulum Bahasa Arab Kulliyyatul Mu’allimīn Al Islāmiyah (KMI) Pondok Pesantren Pabelan Mungkid Magelang, Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model organisasi kurikulum bahasa Arab KMI Pondok Pesantren Pabelan Magelang, meliputi komponen kurikulum dan model organisasi kurikulum. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Adapun jenis penelitian adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai pengumpul data. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan uji triangulasi. Jenis triangulasi yang digunakan adalah triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian, tujuan pembelajaran bahasa Arab KMI Pondok Pesantren Pabelan Magelang adalah santri mampu berkomunikasi bahasa Arab dengan baik dan benar. Materi pembelajaran diadopsi dari materi bahasa Arab Pondok Pesantren Gontor. Metode yang digunakan yaitu metode langsung dan evaluasi pembelajaran meliputi evaluasi formatif dan evaluasi sumatif. Model kurikulum bahasa Arab KMI Pondok Pesantren Pabelan Magelang adalah correlated curriculum atau kurikulum berkorelasi. Hal ini ditunjukkan dengan adanya korelasi antar mata pelajaran dalam bidang studi bahasa Arab maupun korelasi dengan mata pelajaran bidang studi Dirāsah Islāmiyah. Kelebihan model organisasi correlated curriculum adalah memudahkan santri dalam memahami materi dan memberikan wawasan yang lebih luas. Kelemahan model organisasi correlated curriculum adalah menimbulkan kesulitan bagi santri dalam memahami materi pelajaran yang berkorelasi dan minimnya kosakata akan menghambat proses pembelajaran mata pelajaran yang berkorelasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. R. Umi Baroroh., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: komponen, model, kurikulum, bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: S.Sos Suhardi
Date Deposited: 18 Nov 2020 13:46
Last Modified: 18 Nov 2020 13:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40923

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum