Dampak Game Online “Mobile legend” Terhadap Perilaku Sosial Mahasiswa Ditinjau Dari Pendekatan Behavior (Studi kasus mahasiswa UIN Sunan Kalijaga yang Berada di Warung Kopi Blandongan)

Alfiya Alfan, NIM. 12250084 (2020) Dampak Game Online “Mobile legend” Terhadap Perilaku Sosial Mahasiswa Ditinjau Dari Pendekatan Behavior (Studi kasus mahasiswa UIN Sunan Kalijaga yang Berada di Warung Kopi Blandongan). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Dampak Game Online “Mobile legend” Terhadap Perilaku Sosial Mahasiswa Ditinjau Dari Pendekatan Behavior (Studi kasus mahasiswa UIN Sunan Kalijaga yang Berada di Warung Kopi Blandongan))
12250084_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (Dampak Game Online “Mobile legend” Terhadap Perilaku Sosial Mahasiswa Ditinjau Dari Pendekatan Behavior (Studi kasus mahasiswa UIN Sunan Kalijaga yang Berada di Warung Kopi Blandongan))
12250084_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kemajuan teknologi merupakan sesuatu yang tidak bisa dihindari. Karena kemajuan teknologi akan terus berjalan seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia, kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas keseharian. Namun demikian, walaupun pada awalnya diciptakan untuk menghasilkan manfaat positif, hal negatif juga tidak menutup kemungkinan terjadi. Di era digital saat ini, gaming mobile menjadi favorit para gaming (pengguna game online). Tentu ini sejalan dengan tingginya pengguna Smartphone di seluruh dunia termasuk Indonesia. Game online yang menjadi daya tarik saat ini adalah Mobile Legend. Penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi serta mendeskripsikan mengenai dampak game online terutama Mobile Legend terhadap perilaku sosial yang ditimbulkan dengan ditinjau melalui Teori Behavior. Adapun lokasi yang menjadi penelitian adalah warung kopi Blandongan, dikarenakan Blandongan merupakan salah satu tempat berkumpul Mahasiswa di Yogyakarta. Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah penelitian kualitatif deskripsi. Tehnik pengumpulan data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam proses wawancara peneliti melakukan wawancara terhadap 7 informan yang berhubungan dengan dampak game online terhadap perilaku sosial Mahasiswa. Hasil penelitian adalah adanya dampak yang ditimbulkan game online “Mobile Legend” adalah dampak positif,Meningkatkan konsentrasi, Meningkatkan kinerja dan memacu otak,Meningkatkan kemampuan membaca situasi dan kondisi, Meningkatkan kemampuan berbahasa inggris, Membantu bersosialisasi, Melatih kemampuan dalam berdagang dan berbisnis,Bisa menghilangkan stres,Sebagai ajang menambah teman. Sedangkan dampak negatifnya adalah Menjadi pribadi yang Acuh,Meninggalkan kewajiban urusan kampus,Mudah Marah,Pening Kepala,Menimbulkan efek ketagihan, Kurang peduli terhadap hal-hal yang terjadi di sekelilingnya,Dapat Mengganggu Kesehatan Fisik, Jadi boros. Keterkaitan antara teori behavior dan temuan dilapangan adalah adanya perubahan perilaku sosial mahasiswa UIN Sunan Kalijaga disebabkan pengaruh lingkungan yang bermain Game Online.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Asep Jahidin, S.Ag., M.Si
Uncontrolled Keywords: Dampak game online, Mobile Legend, Perilaku Sosial.
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 11 Sep 2020 09:51
Last Modified: 11 Sep 2020 09:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40958

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum