PERAN PENGEPUL SAMPAH DALAM MENSEJAHTERAKAN PEMULUNG DI PADUKUHAN GOWOK, CATURTUNGGAL, KECAMATAN DEPOK, KABUPATEN SLEMAN, PROVINSI D.I. YOGYAKARTA

DWITA JEHA SWASTIKA, NIM. 14250036 (2020) PERAN PENGEPUL SAMPAH DALAM MENSEJAHTERAKAN PEMULUNG DI PADUKUHAN GOWOK, CATURTUNGGAL, KECAMATAN DEPOK, KABUPATEN SLEMAN, PROVINSI D.I. YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN PENGEPUL SAMPAH DALAM MENSEJAHTERAKAN PEMULUNG DI PADUKUHAN GOWOK, CATURTUNGGAL, KECAMATAN DEPOK, KABUPATEN SLEMAN, PROVINSI D.I. YOGYAKARTA)
14250036_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text (PERAN PENGEPUL SAMPAH DALAM MENSEJAHTERAKAN PEMULUNG DI PADUKUHAN GOWOK, CATURTUNGGAL, KECAMATAN DEPOK, KABUPATEN SLEMAN, PROVINSI D.I. YOGYAKARTA)
14250036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pemulung merupakan salah satu profesi yang sering dianggap rendah oleh sebagian orang dikarenakan pekerjaannya yang mengais-ngais sampah dan barang bekas, padahal pemulung juga mempunyai hak yang sama layaknya profesi lain, pemulung berhak untuk memperoleh kesejahteraan layaknya manusia pada umumnya. Namun kesejahteraan pemulung tidak akan tercapai jika tidak ada peran atau upaya dari seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana peran pengepul sampah dalam mensejahterakan pemulung di dusun Gowok Caturtunggal, Yogyakarta. Peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif sehingga didapat hasil penelitian yang menyajikan data yang akurat dan digambarkan secara jelas seperti kondisi sebenarnya. Subjek penelitian ini adalah pengepul sampah, pemulung dan warga setempat. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peranan yang dilakukan oleh pemulung sampah dengan cara menjadi fasilitator sebagai sebagai upaya untuk menunjang kesejahteraan para pemulung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Zainudin, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pemulung, Pengepul Sampah, Kesejahteraan
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 11 Sep 2020 11:09
Last Modified: 11 Sep 2020 11:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40964

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum