DAMPAK RITUAL NGALAP BERKAH TERHADAP PENCAPAIAN KESEJAHTERAAN INDIVIDU (Studi Kasus Makam Ki Ageng Giring III Gunungkidul)

MUHAMMAD KHOIRIL ANAM, NIM. 15250041 (2020) DAMPAK RITUAL NGALAP BERKAH TERHADAP PENCAPAIAN KESEJAHTERAAN INDIVIDU (Studi Kasus Makam Ki Ageng Giring III Gunungkidul). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DAMPAK RITUAL NGALAP BERKAH TERHADAP PENCAPAIAN KESEJAHTERAAN INDIVIDU (Studi Kasus Makam Ki Ageng Giring III Gunungkidul))
15250041_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (DAMPAK RITUAL NGALAP BERKAH TERHADAP PENCAPAIAN KESEJAHTERAAN INDIVIDU (Studi Kasus Makam Ki Ageng Giring III Gunungkidul))
15250041_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Setiap manusia pasti memiliki keinginan untuk mencapai suatu kondisi sejahtera dalam berkehidupan. Beragam usaha dan cara pun dilakukan oleh setiap manusia dalam rangka mengusahakan pencapaian kondisi sejahtera tersebut. Keragaman yang ada dalam melakukan usaha dan cara sebagai upaya mencapai kondisi sejahtera berbeda di setiap daerah, dan tak jarang melibatkan unsur-unsur khazanah budaya lokal dalam pelaksanaannya. Salah satu bentuk adanya bentuk khazanah budaya lokal dalam usaha pencapaian kondisi sejahtera yaitu dengan melakukan ritual ngalap berkah di makam Ki Ageng Giring III Gunungkidul. Adanya aktivitas ritual ngalap berkah yang sampai saat ini masik eksis dilaksanakan tentu ada dampak yang dihasilkan dari aktivitas tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak yang ditimbulkan akan keberadaan aktivitas ritual ngalap berkah terhadap pencapaian kondisi kesejahteraan para pelaku ritual dan masyarakat sekitar kompleks pemakaman. Dampak yang ditimbulkan diteliti dengan metode kualitatif deskriptif dengan melakukan wawancara secara langsung dengan beberapa narasumber yang terdiri dari pelaku rutin melaksanakan ritual ngalap berkah, lingkungan warga sekitar, dan pemerintah setempat. Selanjutnya, data yang diperoleh diolah dan disusun sesuai dengan tujuan sehingga dapat menjawab rumusan masalah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas ritual ngalap berkah memiliki dampak terhadap pencapaian kesejahteraan individu pada aspek kesehatan mental. Pencapaian kesejahteraan disini dikaji menggunakan sudut pandang pendekatan kesehatan mental milik Prof. Dr. Hasan Lunggulung. Bentuk pencapaian kesejahteraan dalam aktivitas ngalap berkah ini bersifat menyeluruh dari sisi perwujudan kesehatan mental. Sehingga aktivitas ritual ngalap berkah dapat menjadi sarana mencapai kesejahteraan individu dalam batas sisi perwujudan kesehatan mental.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. ZAINUDIN, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Dampak, Ngalap berkah, Kesehatan mental, esejahteraan
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 14 Sep 2020 09:25
Last Modified: 14 Sep 2020 09:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40975

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum