PENGARUH MENONTON AKUN YOUTUBE “JURNALRISA” TERHADAP RASIONALITAS SANTRI KOMPLEK GEDUNG PUTIH PONDOK PESANTREN KRAPYAK YOGYAKARTA

Dewi Afifatul Masruroh, NIM. 16210024 (2020) PENGARUH MENONTON AKUN YOUTUBE “JURNALRISA” TERHADAP RASIONALITAS SANTRI KOMPLEK GEDUNG PUTIH PONDOK PESANTREN KRAPYAK YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MENONTON AKUN YOUTUBE “JURNALRISA” TERHADAP RASIONALITAS SANTRI KOMPLEK GEDUNG PUTIH PONDOK PESANTREN KRAPYAK YOGYAKARTA)
16210024_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MENONTON AKUN YOUTUBE “JURNALRISA” TERHADAP RASIONALITAS SANTRI KOMPLEK GEDUNG PUTIH PONDOK PESANTREN KRAPYAK YOGYAKARTA)
16210024_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Dunia digital sangat digandrungi oleh masyarakat dengan munculnya berbagai platform yang dapat memudahkan masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya. Seperti Youtube. Masyarakat dapat menggali berbagai informasi seputar ekonomi, pendidikan, bahkan konten yang berbau mistik dalam platform youtube. Salah satu akun yang memuat konten mistik adalah Jurnalrisa. Tayangan yang memuat unsur mistik dapat menimbulkan suatu efek/dampak bagi sesorang. Tayangan seperti ini dapat diterima dan ditolak dalam masyarakat karena sesuatu yang berbau mistik mempunyai unsur rasional dan irasional. Berdasarkan konteks diatas, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Menonton Akun Youtube “Jurnalrisa” Terhadap Rasionalitas Santri Komplek Gedung Putih Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta. Adapun teori yang digunakan dalam penelitan ini adalah Efek Media Massa. Metode penelitan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kuantitatif, dengan metode survei dimana tekni pengumpulan data menggunakan kuesioner. Tenik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan berhasil mendapatkan 32 Responden. Pengolahan data yang digunakan dalam penelitian menggunakan skala likert. Analisis data menggunakan analisis parametrik dengan rumus pearson product moment dengan perhitungan menggunakan bantuan aplikasi SPSS versi 22. Berdasarkan hasil perhitungan korelasi antara variabel X dan variabel Y menggunakan pearson product moment diperoleh koefisien sebesar 0,320 dengan taraf signifikasi 0,074. Sehingga dapat diartikan bahwa tidak terdapat pengaruh signifikan antara menonton akun Youtube “Jurnalrisa” terhadap rasionalitas santri Komplek Gedung Putih Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta. Sehingga disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) ditolak dan hipotesis nol (H0) diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Khoiro Ummatin, S.Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Intensitas Menonton, youtube, Rasionalitas
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 14 Sep 2020 10:35
Last Modified: 14 Sep 2020 10:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40980

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum