PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES MAHĀRAH AL-ISTIMĀ’ UNTUK MAHASISWA BAHASA ARAB BERBASIS ELEKTRONIK MENGGUNAKAN APLIKASI KAHOOT DI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Ahmad Zubaidi, 17204010096 (2019) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES MAHĀRAH AL-ISTIMĀ’ UNTUK MAHASISWA BAHASA ARAB BERBASIS ELEKTRONIK MENGGUNAKAN APLIKASI KAHOOT DI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES MAHĀRAH AL-ISTIMĀ’ UNTUK MAHASISWA BAHASA ARAB BERBASIS ELEKTRONIK MENGGUNAKAN APLIKASI KAHOOT DI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
17204010096_BAB-I_-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES MAHĀRAH AL-ISTIMĀ’ UNTUK MAHASISWA BAHASA ARAB BERBASIS ELEKTRONIK MENGGUNAKAN APLIKASI KAHOOT DI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
17204010096_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan kelayakan instrumen tes Mahārah Al-Istimā’ bagi mahasiswa bahasa Arab berbasis elektronik dengan menggunakan aplikasi Kahoot di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan model Borg and Gall melalui analisis, desain, dan pengujian. Kelayakan didasarkan pada uji validator ahli dan uji pemakaian tahap akhir. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Penyusunan Instrumen Tes ini mengacu pada 5 tujuan/indikator dari Mahmūd Kāmil an-Naqoh kedalam 50 soal di desain produk dengan menggunakan aplikasi Kahoot, 2) Dari hasil validator ahli diketahui hasil kualitas materi didapat dengan rata-rata 5,37 serta kualitas media dari aplikasi didapat dengan rata-rata 4,75 (sangat layak), 3) Setelah didapat dari uji terbatas kepada 20 mahasiswa ada 6 soal atau 12% yang tidak layak karena tidak valid dan tidak memiliki daya beda, kemudian penulis revisi dan diujikan kepada 70 mahasiswa dengan hasil 100 % valid dan layak digunakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hj. Sri Sumarni, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Instrumen Tes, Mahārah Al-Istimā’, Aplikasi Kahoot
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Wahyani , MIP
Date Deposited: 14 Sep 2020 14:33
Last Modified: 14 Sep 2020 14:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40984

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum