PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) IPA TERINTEGRASI DENGAN AL QUR’AN SEBAGAI MATERI PENGAYAAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS KELAS V MI

BAYU RAHMAT SANTOSA, 16204080034 (2019) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) IPA TERINTEGRASI DENGAN AL QUR’AN SEBAGAI MATERI PENGAYAAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS KELAS V MI. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) IPA TERINTEGRASI DENGAN AL QUR’AN SEBAGAI MATERI PENGAYAAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS KELAS V MI)
16204080034_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) IPA TERINTEGRASI DENGAN AL QUR’AN SEBAGAI MATERI PENGAYAAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS KELAS V MI)
16204080034_BAB II_SAMPAI SEBELUM BAB TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (768kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan dan menemukan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPA Terintegrasi dengan Al Qur’anSebagai Materi Pengayaan untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sain Kelas V MI yang layak. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang meliputi tujuh tahap penelitian dan pengumpulan informasi, tahap perencanaan tahap pengembangan dan penilaian produk, tahap penyempurnaan produk awal (revisi I) tahap uji coba produk (skala kecil), tahap penyempurnaan hasil uji coba (revisi II) dan tahap desiminasi terbatas. Penelitian ini melibatkan beberapa reviewer, yaitu tiga orang ahli dan 16 respon siswa kelas V MI Ma’arif Ngipik Lendah dan MI Ma’arif Sendang Kulon Progo. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket untuk mengetahui kualitas LKPD yang dikembangkan, serta angket dan lembar angket siswa menggunakan LKPD. Teknik analisis data yang dilakukan adalah teknik analisis deskriptif yaitu berupa uraian saran dan skor penilaian dari semua reviewer pada setiap aspek penilaian Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPA Terintegrasi dengan Al Qur’an Sebagai Materi Pengayaan untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sain Kelas V MI. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPA Terintegrasi dengan AlQur’an Sebagai Materi Pengayaan untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sain layak digunakan sebagai media pembelajaran di Kelas V MI, (2) Hasil uji coba, menunjukan bahwa LKPD yang digunakan termasuk dalam kategori baik, secara keseluruhan dan termasuk dalam kategori baik, secara keseluruhan dan termasuk dalam kategori layak. Hasil penilaian ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa di atas, hasil diperoleh dari keseluruhan adalah bahwa dari item-item yang dinilai, secara keseluruhan hasil penilaian ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa dinilai baik. Setelah dikonversikan ke dalam skala 5 termasuk dalam kriteria dengan rerata skor 3,66. Dengan demikian dapat dikatan bahwa produk pengembangan berdasarkan hasil penilaian ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa adalah Baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Andi Prastowo, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran IPA MI, LKPD, Integrasi Al Qur’an dalam pembelajaran IPA
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2) > Konsentrasi Guru Kelas
Depositing User: Wahyani , MIP
Date Deposited: 14 Sep 2020 14:51
Last Modified: 14 Sep 2020 14:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40986

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum