PERAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PT PELINDO III DALAM PENINGKATAN PENDAPATAN MASYARAKAT MELALUI KAMPUNG BINAAN HIDROPONIK DI SIMOKALANGAN RT 8 SURABAYA

Tri Widayanti, NIM. 16230064 (2020) PERAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PT PELINDO III DALAM PENINGKATAN PENDAPATAN MASYARAKAT MELALUI KAMPUNG BINAAN HIDROPONIK DI SIMOKALANGAN RT 8 SURABAYA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PT PELINDO III DALAM PENINGKATAN PENDAPATAN MASYARAKAT MELALUI KAMPUNG BINAAN HIDROPONIK DI SIMOKALANGAN RT 8 SURABAYA)
16230064_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PERAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PT PELINDO III DALAM PENINGKATAN PENDAPATAN MASYARAKAT MELALUI KAMPUNG BINAAN HIDROPONIK DI SIMOKALANGAN RT 8 SURABAYA)
16230064_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan global tidak lepas dari beberapa isu-isu sosial. Kemiskinan dan kelaparan serta kurangnya akses pendidikan bagi setiap orang yang mengakibatkan semakin menurunnya kualitas sumber daya manusia atau biasa disingkat dengan (SDM) di negara terbelakang ataupun berkembang. PT Pelindo III melalui program CSR-nya memiliki bentuk rasa peduli dalam membantu beberapa masalah yang sering terjadi dewasa ini. Dengan melakukan pendekatan dengan cara memberdayakan masyarakat salah satunya melalui kampung binaan hidroponik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk peran seperti apa yang diberikan CSR PT Pelindo III untuk membantu meningkatkan kualitas pendapatan masyarakat Simokalangan. Penelitian ini bersifat deskiptif kualitatif. Teknik penarikan informan menggunakan teknik kriteria. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan yaitu menggunakan triangulasi sumber dan proses reduksi data, penyajian data kemudian penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengemukakan bahwa kampung binaan hidroponik dilakukan oleh CSR PT Pelindo III di Simokalangan RT 8, Surabaya. CSR PT Pelindo III berperan dalam peningkatan pendapatan masyarakat Simokalangan, peneliti membagi dalam tiga bagian. Pertama, dengan adanya peran perusahaan yang melakukan gotong royong untuk membuat kampung hidroponik menjadi asri sehingga memiliki icon tersendiri di wilayah Simokalangan hasilnya masyarakat memiliki pekerjaan baru yang sebelumnya sebagian besar masyarakat di sana tidak memiliki pekerjaan tetap khususnya para ibu rumah tangga. Kedua, dengan adanya bantuan dana dari perusahaan hasilnya masyarakat Simokalangan memiliki modal untuk mengembangkan kampung binaan hidroponik yang bisa membantu meningkatkan perekonomian. Ketiga, peran kerjasama yang dilakukan antara pihak perusahaan dengan ibu-ibu masyarakat Simokalangan hasilnya mereka membuka Kelompok Usaha Kecil Menengah (UKM) baru yaitu membuat olahan snack dari sayuran yang ditanam dalam media hidroponik tersebut. Secara keseluruhan program yang dijalankan PT Pelindo III sudah berjalan dengan baik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj. Siti Syamsiatun, M.A.,Ph.D
Uncontrolled Keywords: Peran, CSR, Hidroponik
Subjects: Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 15 Sep 2020 08:47
Last Modified: 15 Sep 2020 08:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40988

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum