PERSEPSI MAHASISWA S2 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019 TERHADAP SUASANA AKADEMIK KAMPUS DALAM MENINGKATKAN BUDAYA MEMBACA DAN MENULIS

FERI ANDI, 17204010084 (2019) PERSEPSI MAHASISWA S2 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019 TERHADAP SUASANA AKADEMIK KAMPUS DALAM MENINGKATKAN BUDAYA MEMBACA DAN MENULIS. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERSEPSI MAHASISWA S2 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019 TERHADAP SUASANA AKADEMIK KAMPUS DALAM MENINGKATKAN BUDAYA MEMBACA DAN MENULIS)
17204010084_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PERSEPSI MAHASISWA S2 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019 TERHADAP SUASANA AKADEMIK KAMPUS DALAM MENINGKATKAN BUDAYA MEMBACA DAN MENULIS)
17204010084_BAB-II_SAMPAI_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Feri Andi, NIM. 17204010084. Persepsi Mahasiswa S2 Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019 Terhadap Suasana Akademik Kampus Dalam Meningkatkan Budaya Membaca Dan Menulis, Tesis, Program Studi Pendidikan Agama Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab dua pertanyaan penting yaitu 1) untuk mengetahui bagaimana suasana akademik kampus dalam meningkatkan budaya membaca dan menulis mahasiswa s2 fakultas ilmu tarbiyah dan keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2) untuk mengetahui bagaimana dampak suasana akademik kampus dalam meningkatkan budaya membaca dan menulis mahasiswa s2 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Jenis penelitian ini yaitu bersifat kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data.Hasil penelitian menunjukkan yang pertama yaitu keadaan suasana akademik kampus fakultas ilmu tarbiyah dan keguruan jurusan pendidikan agama Islam program Magister UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta merupakan suasana akademik kampus yang kondusif baik di dalam maupun di luar kelas. Begitu juga hubungan sosial antara dosen dengan mahasiswa dan juga mahasiswa dengan mahasiswa lainnya terjalin dengan baik tanpa ada masalah. Selanjutnya kondisi sarana dan prasarana tersedia cukup baik seperti ketersediaan ruang baca, ruang kerja mahasiswa dan juga perpustakaan dengan koleksi buku dan jurnal-jurnal ilmiah nasional dan internasional. Selanjutnya adalah kegiatan-kegiatan ilmiah merupakan kegiatan yang sering diadakan khususnya yang laksanakan oleh FKMPM. Kemudian yang kedua adalah dampak suasana akdemik kampus dalam meningkatkan budaya literasi seperti membaca dan menulis, diketahui bahwa suasana tidak memberikan dampak yang signifikan dalam kegiatan literasi. Kegiatan membaca mahasiswa dikarenakan tuntutan tugas yang menjadikan mahasiswa membaca berbagai literatur dalam membangun teori-teori yang relevan. Kemudian sarana dan prasarana lebih dominan dalam menumbuhkan budaya literasi terutama fasilitas perpustakaan dengan berbagai dukungan yang dimilikinya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Sembodo Ardi Widodo, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Suasana Akademik Kampus, Budaya Membaca dan Menulis
Subjects: Ilmu Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sri Lestari
Date Deposited: 18 Sep 2020 13:27
Last Modified: 18 Sep 2020 13:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41033

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum