MANAJEMEN PENDIDIKAN TAH{FĪZ{ AL-QUR’ĀN PADA PROGRAM PERGURUAN TINGGI TERPADU DI INSTITUT ILMU AL-QUR’AN AN NUR YOGYAKARTA

Adkha Bukhori, 17204010072 (2019) MANAJEMEN PENDIDIKAN TAH{FĪZ{ AL-QUR’ĀN PADA PROGRAM PERGURUAN TINGGI TERPADU DI INSTITUT ILMU AL-QUR’AN AN NUR YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PENDIDIKAN TAH{FĪZ{ AL-QUR’ĀN PADA PROGRAM PERGURUAN TINGGI TERPADU DI INSTITUT ILMU AL-QUR’AN AN NUR YOGYAKARTA)
17204010072_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PENDIDIKAN TAH{FĪZ{ AL-QUR’ĀN PADA PROGRAM PERGURUAN TINGGI TERPADU DI INSTITUT ILMU AL-QUR’AN AN NUR YOGYAKARTA)
17204010072_BAB II_SAMPAI_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Adkha Bukhori, S.Pd. Manajemen Pendidikan Tah{fīz{ al-Qur’ān pada Program Perguruan Tinggi Terpadu di Institut Ilmu Al-Qur’an An Nur Yogyakarta. Tesis. Program Magister (S2) FITK, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Implementasi Manajemen Pendidikan Tah{fīz{ al-Qur’ān di IIQ An Nur Yogyakarta dilatarbelakangi oleh adanya persaingan antar Perguruan Tinggi, kebutuhan masyarakat, serta tuntutan SDM atau lulusan yang Qur’ani dan berkompeten. Penelitian tesis ini bertujuan untuk memahami alasan diimplementasikannya, pelaksanaan impelementasi dan dampak implementasi manajemen pendidikan tah{fīz{ al-Qur’ān pada Program Perguruan Tinggi Terpadu di IIQ An Nur Yogyakarta, sekaligus identifikasi analisis melalui pendekatan stretegis Analisis SWOT. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian diperoleh dari data dokumentasi dan narasumber. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data penelitian dilakukan melalui secara induktif, seperti reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkah bahwa: 1) Alasan diimplementasikannya manajemen pendidikan tah{fīz{ al-Qur’ān ialah: (a) menghasilkan sarjana yang hafal Al-Qur’an, (b) efektivitas dan efisiensi penerapan pendidikan tahfiz{, dan (c) terpenuhinya target capaian program; 2) Pelaksanaan impelementasi pendidikan tah{fīz{ al-Qur’ān telah dikelola berdasarkan langkah-langkah manajemen. Hasilnya ialah materi, kurikulum, dan metode pendidikan tahfiz{ berjalan dengan efektif. Akan tetapi, sarana prasarana dan pengelolaan kelas perlu inovasi dan perbaikan; dan 3) Dampak positifnya yaitu: (a) banyaknya sarjana hafal Al-Qur’an, (b) animo masyarakat meningkat, dan (c) memudahnkan pengelolaan pendidikan tahfiz{ul Qur’an. Sedangkan dampak negatifnya yaitu: (a) tidak ada rencana pelaksanaan pembelajaran, (b) kurangnya sarana prasarana dan fasilitas pendukung, serta (c) minimnya inovasi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hj. Na'imah, M. Hum
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pendidikan, Tah{fīz{ al-Qur’ān, Analisis SWOT
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sri Lestari
Date Deposited: 18 Nov 2020 13:46
Last Modified: 18 Nov 2020 13:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41037

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum