PERDA KABUPATEN SIAK NOMER 6 TAHUN 2013 TENTANG PENGELOLAAN ZAKAT PERSPEKTIF SIYASAH SYAR’IYAH (PEMUNGUTAN BAGI ASN MUSLIM)

ASKANAFIKRIANA, SH, NIM. 17203011021 (2019) PERDA KABUPATEN SIAK NOMER 6 TAHUN 2013 TENTANG PENGELOLAAN ZAKAT PERSPEKTIF SIYASAH SYAR’IYAH (PEMUNGUTAN BAGI ASN MUSLIM). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERDA KABUPATEN SIAK NOMER 6 TAHUN 2013 TENTANG PENGELOLAAN ZAKAT PERSPEKTIF SIYASAH SYAR’IYAH (PEMUNGUTAN BAGI ASN MUSLIM))
17203011021_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (633kB) | Preview
[img] Text (PERDA KABUPATEN SIAK NOMER 6 TAHUN 2013 TENTANG PENGELOLAAN ZAKAT PERSPEKTIF SIYASAH SYAR’IYAH (PEMUNGUTAN BAGI ASN MUSLIM))
17203011021_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Abstract

Pada masa pemerintahan Syamsuar Bupati Siak tahun 2012 yang menjadi program kerja pertama Syamsuar adalah kebijakan pemungungatan zakat profesi bagi ASN Muslim di lingkungan pemerintah daerah Kabupaten Siak. Ditandai dengan keluarnya Instruksi Bupati Siak Nomer 14 Tahun 2012 tentang pengumpulan zakat Penghasilan (Profesi), infaq dan shadaqah Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Siak, dan diperkuat kebijakan tersebut dengan ditetapkan Peraturan Daerah Kabupaten Siak Nomer 6 tahun 2013 tentang pengelolaan Zakat. Dalam hal ini yang menjadi rumusan masalah adalah bagaimana eksistensi regulasi Perda Kabupaten Siak Nomer 6 tahun 2013 tentang Pengelolaan Zakat perspektif siyasah dusturiyah? Bagaimana Perda Kabupaten Siak Nomer 6 tahun 2013 tentang pengelolaan zakat perspektif siyasah Maliyah? Jenis penelitian ini adalah library research dengan pendekatan normatif. Dengan data primer yaitu Perda Kabupaten Siak Nomer 6 tahun 2013 tentang Pengelolaan Zakat dan data sekunder berupa buku-buku, literatur-literatur, dokumen dan hasil wawancara yang di dapat dari Pemerintah Bupati Siak, BAZNAS Kabupaten Siak, dan KP2KP Siak Sri Inderapura. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan wawancara. Hasil Penelitian menunjukan bahwa eksistensi regulasi Perda kabupaten Siak Nomer 6 tahun 2013 tentang pengelolaan zakat perspektif siyasah dusturiyah dapat dianalisis bahwa kebijakan yang dibuat oleh Bupati Siak berupa pemungutan zakat profesi bagi ASN muslim sesuai dengan prinsip siyasah dustruriyah yaitu mementingkan kemaslahatan umat dengan tidak ada pemaksaan dalam melakukan kebijakan yang diterapkan, namun kebijakan tersebut terealisasikan dengan baik. Dan membuat trobosan baru dengan mengupgrade aplikasi gaji bagi ASN muslim yang bersedia dipungut zakat profesinya. Dan Pengelolaan dana dari ditetapkan Perda Kabupaten Siak Nomer 6 tahun 2013 tentang pengelolaan zakat perspektif siyasah maliyah ditemukan bahwa pemerintah daerah siak dalam mengelola dana zakat profesi tersebut didistribusikan ke dalam 5 program, yaitu: melalui Program Siak Cerdas, Program Siak Sejahtera, Program Siak Dakwah, Program Siak Sehat, Program Siak Peduli.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. AHMAD YANI ANSHORI, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Policy, Accumulation of zakat profession, siak district, siyasah Maliyah.
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam > Syari'ah dan Hukum
Depositing User: Sri Lestari
Date Deposited: 18 Nov 2020 13:46
Last Modified: 18 Nov 2020 13:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41047

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum