Pendekatan Komprehensif Dalam Peningkatan Sikap Percaya diri Anak Berkebutuhan Khusus Dikelas Inklusi SD 2 Kretek Bantul Yogyakarta

Indah Apriani, 17204080011 (2019) Pendekatan Komprehensif Dalam Peningkatan Sikap Percaya diri Anak Berkebutuhan Khusus Dikelas Inklusi SD 2 Kretek Bantul Yogyakarta. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Pendekatan Komprehensif Dalam Peningkatan Sikap Percaya diri Anak Berkebutuhan Khusus Dikelas Inklusi SD 2 Kretek Bantul Yogyakarta)
17204080011_BAB-I_BAB-TERAKHIR_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (Pendekatan Komprehensif Dalam Peningkatan Sikap Percaya diri Anak Berkebutuhan Khusus Dikelas Inklusi SD 2 Kretek Bantul Yogyakarta)
17204080011_BAB-II_SAMPAI-DENGAN_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Indah Apriani S.Pd : Pendekatan Komprehensif Dalam Peningkatan Sikap Percaya diri Anak Berkebutuhan Khusus Dikelas Inklusi SD 2 Kretek Bantul Yogyakarta. Tesis. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidiyah. Program Magister Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 2019. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan adanya pendekatan dalam peningkatan skap percaya diri anak berkebutuhan khusus Selain itu tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengungkap proses implementasi dari pendekatan komprehensif dalam peningkatan sikap percaya diri anak berkebutuhan khusus sehingga anak berkebutuhan khusus tersebut meningkat rasa percaya dirinya dan dapat bersosialisasi di lingkungannya Hal ini disebabkan, terdapat metode untuk meningkatkan sikap percaya diri anak berkebutuhan khusus, dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dan pedekatan deskriptif kualitatif. Sumber data didalam penelitian ini yaitu dokumen dan arasuber dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari observai, dokumentasi dan narasumber. Narasumber dalam penelitian ini terdiri dari informan satu, informan dua dan informan tiga. Kemudian Teknik analisis data didalam penelitian ini yaitu menggunakan reduksi data, yang diantaranya menyajikan data, validasi data, kemudian penarikan kesimpulan. Triangulasi data dalam penelitian ini didapatkan dari narasumber dan dokumen sehingga menghasilkan satu kesatuan data yang valid. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Pendekatan pembelajaran komprehensif berperan untuk meningkatan sikap percaya diri, dikarenakan dalam pembelajaran komprehensif terdapat metode-metode untuk meningkatkan sikap percaya diri anak berkebutuhan khusus diantaranya pembiasaan, inkulkasi, pemberian teladan dan soft skill. Guru kelas satu menggunakan pendekatan komprehensif dalam pembelajarannya dimana pembelajaran tersebut menggunakan dua metode yaitu tradisional dan kontemporer. Faktor yang mempengaruhi pendekatan pembelajaran komprehensif adalah faktor internal dan ekternal. Faktor internal yaitu kebutuhan Guru pendidikan inklusi masih kurang, idealnya dalam satu sekolah inklusi mempunyai tiga guru pendidikan inklusi dan sarana penunjang layanan pendidikan inklusi yang lengkap agar proses pemelajaran inklusi dapat berjalan dengan maksimal. Faktor eksternal yaitu belum penuhnya dukungan dari pihak pemerintah daerah setempat untuk layanan program pendidikan inklusi ini. Kurangnya guru, sarana dan prasarana dan perhatian dari pemerintah membuat pembelajaran kurang optimal sehingga layanan kepada anak berkebutuhan khusus terasa kurang optimal. Hendaknya ada bantuan tenaga pendidik, sarana dan prasarana untuk sekolah inklusi ini terutama dari pihak pemerintah, agar ketercapaian pembelajaran lebih optimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Nai’mah, M.Hum
Uncontrolled Keywords: Anak Berkebutuhan Khusus, Komprehensif dan Sikap Percaya diri
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Sri Lestari
Date Deposited: 18 Nov 2020 13:46
Last Modified: 18 Nov 2020 13:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41052

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum