MEMBANGUN EPISTEMOLOGI PESANTREN: STUDI ATAS KAJIAN KEPESANTRENAN PADA PERGURUAN TINGGI ISLAM

Sahiron Syamsuddin, - and Affandi Muchtar, - and Adib, - (2018) MEMBANGUN EPISTEMOLOGI PESANTREN: STUDI ATAS KAJIAN KEPESANTRENAN PADA PERGURUAN TINGGI ISLAM. Eduvision, Yogyakarta. ISBN 978-602-5521-19-8

[img]
Preview
Text (MEMBANGUN EPISTEMOLOGI PESANTREN- STUDI ATAS KAJIAN KEPESANTRENAN PADA PERGURUAN TINGGI ISLAM)
MEMBANGUN EPISTEMOLOGI PESANTREN- STUDI ATAS KAJIAN KEPESANTRENAN PADA PERGURUAN TINGGI ISLAM.pdf - Published Version

Download (22MB) | Preview

Abstract

Penelitian-penelitian di Peruruan Tinggi baik berupa skripsi, tesis, disertasi maupun penelitian dosen tentang pesantren selama ini dapat dikatakan bejibun, hanya saja belum ada langkah sistematis yang dapat menyusun hasil-hasil penelitian tersebut menjadi satu bangunan epistemology kajian pesantren di perguruan tinggi. Penelitian ini berusaha untuk menelaah hasil-hasil penelitian tersebut selama li_ma tahun terakhir dalam rangka membangun kerangka epistemology kajian pesantren di perguruan tinggi, terutama Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri [PTKIN). Beberapa temuan penelitian ini antara lain: pertama, bahwa aspek-aspek pesantren yang menjadi obyek penelitian di PTKIN selama lima tahun terakhir ini berkisar pada: (1 I tokoh/pengasuh pesantren; [2] Pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam, [3] Pesantren sebagai agen perubahan sosial [4] Pesantren sebagai pusat dakwah Islam, [5] Pesantren sebagai lembaga pembinaan karakter manusia, [6] Pengembangan sumber daya manusia yang mencakup pengurus pesantren dan ustadz, (7] hal-hal yang terkait dengan santri, baik aspek sikologis, interaksi sosial dll., [BJ sarana dan pra-sarana. Kedua, semua yang telah disebutkan di atas merupakan dasar pembangunan epistemologi pesantren, bahwa kajian pesantren di peguruan tinggi dapat dibangun di atas basis epistemology fungsi dan peran pesantren itu sendiri yang meliputi tiga hal; [1 I pesantren sebagai pusat pendidikan Islam; [2] pesantren sebagai pusat dakwah dan keagamaan; [3] pesantresn sebagai pusat pemberdayaan masyarakat. Semua aspek yang telah menjadi simpulan dari data-data tentang pesantren ini merupakan sumber pengetahuan tentang pesantren. Demikian pula hanya dengan aspek-aspek metodologis. Meskipun demikian, penelitian-penelitian yang berlum dilakukan oleh para mahasiswa selama lima tahun terakhir ini merupakan "pekerjaan rumah" yang harus ditangani di masa yang akan datang. Penelitian tentang pesantren sebagai pusat politik, jejaring antarpesantren dalam berbagai bidang, dan kiprah alumni pesantren dan lain-lain perlu dilakukan di masa yang akan datang

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: Pesantren; Perguruan Tinggi Islam; Epistemologi
Subjects: Epistemologi
Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Buku
Depositing User: Dra. Khusnul Khotimah, SS, M.IP -
Date Deposited: 23 Sep 2020 15:55
Last Modified: 23 Sep 2020 15:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41061

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum