ANALISIS BAHAN AJAR BUKU DURŪSU AL-LUGAH AL-‘ARABIYYAH ALA AT- ṬARĪQAH AL-HADĪṠAH DENGAN PRESPEKTIF PENDEKATAN SAINTIFIK DAN KOMUNIKATIF

Muhajirunnajah, 17204010019 (2019) ANALISIS BAHAN AJAR BUKU DURŪSU AL-LUGAH AL-‘ARABIYYAH ALA AT- ṬARĪQAH AL-HADĪṠAH DENGAN PRESPEKTIF PENDEKATAN SAINTIFIK DAN KOMUNIKATIF. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS BAHAN AJAR BUKU DURŪSU AL-LUGAH AL-‘ARABIYYAH ALA AT- ṬARĪQAH AL-HADĪṠAH DENGAN PRESPEKTIF PENDEKATAN SAINTIFIK DAN KOMUNIKATIF)
17204010019_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS BAHAN AJAR BUKU DURŪSU AL-LUGAH AL-‘ARABIYYAH ALA AT- ṬARĪQAH AL-HADĪṠAH DENGAN PRESPEKTIF PENDEKATAN SAINTIFIK DAN KOMUNIKATIF)
17204010019_BAB II_S.D._SEBELUM BAB TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Muhajirunnajah, Analisis Bahan Ajar Buku Durūsu al-Lugah al-‘Arabiyyah ala at-Ṭarīqah al-Hadīṡah Dengan Prespektif Pendekatan Saintifik dan Komunikatif, Tesis, Program Magister Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Salah satu kompenen pembelajaran yang penting agar terlaksananya proses pembelajaran yang efektif adalah buku bahan ajar. Dalam pembelajaran bahasa Arab buku Durūsu al-Lugah al-‘Arabiyyah ala at-Ṭarīqah al-Hadīṡah telah lama digunakan guna mencapai tujuan dari pembelajaran bahasa Arab itu sendiri, sedangkan saat ini pembelajaran dengan pendekatan saintifik digunakan di kurikulum nasional adapun pembelajaran bahasa sangat erat hubungannya dengan pendekatan komunikatif. Dari sini penulis melihat bahwa buku Durūsu al-Lugah al-‘Arabiyyah ala at-Ṭarīqah al-Hadīṡah perlu dianalisis dengan kedua pendekatan tersebut. Karena kajian ini terfokus pada buku bahan ajar maka peelitian ini tergolng penelitian kajian pustaka, yang mana prespektif yang digunakan adalah prespektif saintifik dan komunikatif, adapun data dalam penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif dimana peneliti mendeskripsikan temuan penelitiannya dengan narasi. Peneltian ini memiliki 3 pokok kesimpulan, yakni: 1) dalam hal penyajian buku ini telah memenuhi lima aspek dalam penyajian dan penulisan buku bahan ajar, 2) ditinjau dengan prespektif saintifik maka buku ini memiliki enam kelemahan dan lima kelebihan, dan apabila dengan prespektif komunikatif maka buku ini memiliki sembilan poin kelebihan dan empat poin kelemahan. 3) dari kelemahan-kelemahan yang ada maka dengan prespektif komunikatif maka buku ini haruslah melengkapi bebrapa unsur berikut: a) Indikator Tujuan Pembelajaran disetiap Bab, b) Soal Latihan atau Evaluasi disetiap Bab, c) Latihan yang melatih kerjasama antar peserta didik, d) Soal Latihan yang berkaitan dengan proses iii mengkomunikasikan dalam setiap bab, e) Penambahan materi yang teintegrasi dengan keilmuan sains lainnya. Adapun dengan pandangan saintifik maka buku ini harus melengkapi: a) Soal latihan yang menampung ide dan opini peserta didik, b) Materi dengan perintah percakapan yang dilakukan oleh peserta didik, c) Interaksi komunikasi yang mendorong hubungan kerjasama antar peserta didik

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Nasruddin, M.S.I. M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Bahasa Arab, Buku Bahan Ajar, Saintifik, Komunikatif
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Sri Lestari
Date Deposited: 28 Sep 2020 12:59
Last Modified: 28 Sep 2020 12:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41062

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum