Fi'il Al Kalam Al Tawjihiy Al Injaziy Fi Nass Al Masrihiyyah Ma'satu Zaynab Li Ali Ahmad Baktiar (dirasah Tahliliyah Tadawuliyyah)

M. Hasbi Zahrowil Qolbi, NIM. 14110124 (2018) Fi'il Al Kalam Al Tawjihiy Al Injaziy Fi Nass Al Masrihiyyah Ma'satu Zaynab Li Ali Ahmad Baktiar (dirasah Tahliliyah Tadawuliyyah). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (Fi'il Al Kalam Al Tawjihiy Al Injaziy Fi Nass Al Masrihiyyah Ma'satu Zaynab Li Ali Ahmad Baktiar (dirasah Tahliliyah Tadawuliyyah))
14110124_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (Fi'il Al Kalam Al Tawjihiy Al Injaziy Fi Nass Al Masrihiyyah Ma'satu Zaynab Li Ali Ahmad Baktiar (dirasah Tahliliyah Tadawuliyyah))
14110124_BAB II_BAB_III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindak tutur ilokusi direktif dalam naskah drama Ma'satu Zaynab karya Ali Ahmad Baktsir dalam ranah Pragmatik. Drama ini mengisahkan cerita tentang perjuangan seorang wanita yang ingin memerdekakan bangsa Mesir yang saat itu masih diperebutkan Perancis, Inggris, dan Turki. Di dalam naskah drama ini terdapat banyak tuturan-tuturan yang mengandung makna direktif dengan bentuk yang bermacam-macam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk- bentuk tindak tutur ilokusi direktif dalam naskah drama Ma'satu Zaynab karya Ali Ahmad Baktsir. Penelitian ini dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu (1) tahap pengumpulan data,(2) tahap analisis data, (3) tahap penyajian hasil analisis data. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyimak dan mencatat tuturan-tuturan direktif yang terdapat dalam naskah drama " Ma'sat Zaynab" karya Ali Ahmad Baktsir. Pada tahap analisis data bersandar pada teori Searle dengan metode padan ekstralingual. Hasil penelitian menunjukkan bentuk-bentuk tindak tutur ilokusi direktif dalam naskah drama Ma'sat Zaynab berbentuk al-amr yang terdapat sebanyak 89 tuturan, an-nahy sebanyak 21 tuturan, al-istifham sebanyak 4 tuturan, dan an-nida’ sebanyak 2 tuturan. Adapun faktor- faktor yang mempengaruhi tindak tutur ilokusi direktif dalam naskah drama Ma’sat Zaynab ini adalah latar belakang peserta tutur yang meliputi status sosial, tingkat keakraban, dan watak peserta tutur, emosi, dan situasi tutur. Tindak tutur ilokusi direktif dalam naskah drama Ma’sat Zaynab ini memiliki berbagai fungsi, yaitu: meminta, mengizinkan, member saran, memprovokasi, meminta izin, meminta maaf, mempersilakan, menolak, menjelekkan, memohon, do’a, mengajak, dan melarang. Kata kunci: Tindak tutur ilokusi direktif, Pragmatik, Naskah drama

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Ening Hernitu, M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Tindak tutur ilokusi direktif, Pragmatik, Naskah drama
Subjects: Kesusastraan Arab > Roman
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 25 Sep 2020 13:22
Last Modified: 25 Sep 2020 13:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41077

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum