PENGEMBANGAN KURIKULUM PARADIGMA INTEGRASI INTERKONEKSI DI JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Nuriyah Lailiy, 17204010063 (2019) PENGEMBANGAN KURIKULUM PARADIGMA INTEGRASI INTERKONEKSI DI JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN KURIKULUM PARADIGMA INTEGRASI INTERKONEKSI DI JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
17204010063_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN KURIKULUM PARADIGMA INTEGRASI INTERKONEKSI DI JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
17204010063_BAB-II_sampai_BAB-III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Nuriyah Lailiy, NIM. 17204010063. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Tesis. Yogyakarta: Program Magister Fakultas Ilmu Tarbiyah dan keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2019. Penelitian ini difokuskan pada pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) di Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga. Terdapat tiga sub fokus dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, landasan pengembangan kurikulum di Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Kedua, model pengembangan kurikulum PAI di Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Ketiga, langkah-langkah pengembangan kurikulum di Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah Kajur PAI, ketua tim penyusun kurikulum dan dosen PAI di Jurusan Pendidikan Agama Islam. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Landasan pengembangan kurikulum Jurusan PAI Sunan Kalijaga paradigma integrasi-interkoneksi terdiri dari dari lima landasan, yaitu landasan teologis, filosofis, sosiologis, kultural dan psikologis. Setiap landasan pengembangan kurikulum PAI dijiwai oleh semangat integrasiinterkoneksi. Sebagai catatan, landasan psikologis masih belum dirumuskan psikologi belajarnya. 2) Model pengembangan kurikulum Jurusan PAI termasuk dalam model yang berdasarkan kompetensi. Hal ini karena kurikulumnya mengacu pada KKNI yang menjadikan langkah awal dalam pengembangan kurikulumnya yaitu perumusan kompetensi. Integrasi-interkoneksi nampak dalam komponen kurikulumnya. 3) Langkah-langkah dalam pengembangan kurikulum paradigma integrasi-interkoneksi yaitu tracer study, melibatkan berbagai pihak (ahli, stake holder, dsb) dalam FGD, dan merumuskan isi komponen kurikulum, dan membuat ranah integrasi-interkoneksi pada setiap mata kuliah oleh dosen. Dosen sangat berperan dalam menerapkan integrasi-interkoneksi dalam perkuliahan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Ahmad Arifi, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Kurikulum, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sri Lestari
Date Deposited: 18 Nov 2020 13:49
Last Modified: 18 Nov 2020 13:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41082

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum