IMPLEMENTASI NILAI-NILAI AHLUSSUNNAH WAL JAMA’AH (ASWAJA) DALAM PEMBELAJARAN KE-NU-AN DI MTs DARUSSALAM KADEMANGAN BLITAR

M. SAYYIDUL ABRORI, NIM. 17204010064 (2019) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI AHLUSSUNNAH WAL JAMA’AH (ASWAJA) DALAM PEMBELAJARAN KE-NU-AN DI MTs DARUSSALAM KADEMANGAN BLITAR. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI NILAI-NILAI AHLUSSUNNAH WAL JAMA’AH (ASWAJA) DALAM PEMBELAJARAN KE-NU-AN DI MTs DARUSSALAM KADEMANGAN BLITAR)
17204010064_BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI NILAI-NILAI AHLUSSUNNAH WAL JAMA’AH (ASWAJA) DALAM PEMBELAJARAN KE-NU-AN DI MTs DARUSSALAM KADEMANGAN BLITAR)
17204010064_ BAB II, III_.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (636kB)

Abstract

M. Sayyidul Abrori, NIM. 17204010064. Implementasi Nilai-nilai Ahlussunnah Wal Jama‟ah Dalam Pembelajaran Ke-NU-An Di MTs Darussalam Kademangan Blitar. Tesis. Yogyakarta: Program Magister Fakultas Ilmu Tarbiyah dan keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2019. Penelitian ini di fokuskan di MTs Darussalam Kademangan Blitar karena sekolah ini ditunjuk oleh pemerintah Kabuapen Blitar sebagai sekolah percontohan dalam Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter. Tesis ini dilatarbelakangi oleh kualitas output pendidikan Islam yang kurang memadai yang diakibatkan oleh adanya kemerosotan moral dan pengetahuan dalam pendidikan. Peneliti memandang bahwa salah satu cara untuk mengatasi problem tersebut perlu adanya implementasi nilai-nilai ahlussunnah wal jama‟ah (ASWAJA) dalam pembelajaran ke-NU-an di Mts Darussalam Kademangan Blitar. Ada tiga fokus utama dalam penelitian ini. Pertama, bagaimana konsep ahlussunnah wal jama‟ah (ASWAJA) di Mts Darussalam Kademangan Blitar. Kedua, bagaimana implementasi nilai-nilai ahlussunnah wal jama‟ah (ASWAJA) dalam pembelajaran ke-NU-an di Mts Darussalam Kademangan Blitar. Ketiga bagaimana evaluasi implementasi nilai-nilai ahlussunnah wal jama‟ah (ASWAJA) dalam pembelajaran ke-NU-an di Mts Darussalam Kademangan Blitar. Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah jenis penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Waka Kurikulum dan guru Ke-NU-An. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) konsep ahlussunnah wal jama‟ah (ASWAJA) yang diterapkan di MTs Darussalam Kademangan Blitar ialah konsep mabadi khoiru ummah dan ukhwah nahdliyah. (2) implementasi nilai-nilai ahlussunnah wal jama‟ah (ASWAJA) dalam pembelajaran ke-NUan di MTs Darussalam Kademangan Blitar ada tiga poin yang pertama, implementasi nilai Tawasuth diwujudkan dalam bentuk amaliyah yasin dan tahlil. kedua, implementasi nilai Tasamuh diwujudkan dengan penanaman serta pelaksanaan sikap toleransi yang tinggi. ketiga, implementasi nilai Tawazun diwujudkan dalam bentuk amaliyah ibadah ekstrakurikuler sholawatan. (3) evaluasi implementasi nilai-nilai ahlussunnah wal jama‟ah (ASWAJA) dalam pembelajaran ke-NU-an di MTs Darussalam Kademangan Blitar mengacu pada KI-1 dan KI-2 dilakukan dengan menggunakan jurnal harian untuk melihat kegiatan siswa sehari-hari disekolah serta penilaian antar teman untuk melihat kegiatan siswa ketika diluar sekolah. Kegiatan evaluasi tersebut diberlakukan oleh sekolah dan dilaksanakan oleh guru selama satu semester.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Ahmad Arifi, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai Ahlussunnah wal jama’ah, Pembelajaran ke-NU-an
Subjects: Peradilan Islam
Peradilan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: Sri Lestari
Date Deposited: 18 Nov 2020 13:49
Last Modified: 18 Nov 2020 13:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41083

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum