MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATAN PEMAHAMAN QAWA’ID ( Studi Eksperimen Pesantren Mahasiswi Al Munawwir Komplek Nurussalam Krapyak Yogyakarta)

Rahma Putri Kholifatul. U, 17204010036 (2019) MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATAN PEMAHAMAN QAWA’ID ( Studi Eksperimen Pesantren Mahasiswi Al Munawwir Komplek Nurussalam Krapyak Yogyakarta). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATAN PEMAHAMAN QAWA’ID ( Studi Eksperimen Pesantren Mahasiswi Al Munawwir Komplek Nurussalam Krapyak Yogyakarta))
17204010036_Rahma Putri Kholifatul. U_BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA, LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATAN PEMAHAMAN QAWA’ID ( Studi Eksperimen Pesantren Mahasiswi Al Munawwir Komplek Nurussalam Krapyak Yogyakarta))
17204010036_Rahma Putri Kholifatul. U_BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Rahma Putri Kholifatul. U, Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Android Untuk Meningkatkan Pemahaman Qawa’id (Studi Eksperimen Pesantren Mahasiswi Al Munawwir Komplek Nurussalam Krapyak Yogyakarta). Tesis: Yogyakarya. Konsentrasi Pendidikan Bahasa Arab. Prodi Pendidikan Agama Islam, Progam Pascasarjana, UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development). Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran bahasa Arab qawa‟id berbasis android, mengertahui kelayakan media tersebut serta untuk mengetahui peningkatkan pemahaman qawa’id santri Nurussalam putri dengan penggunaan media aplikasi android tersebut. Untuk mengetahui kelayakan media aplikasi berbasis android ini penulis menggunakan skala likert dengan kategori nilai SB (Sangat Baik), B (Baik), C (Cukup), K (Kurang), dan SK (Sangat Kurang). Penilaian dilakukan oleh ahli materi dan ahli desain serta 30 santriwati nurussalam putrid sebagai responden. Sedangkan untuk mengetahui adanya peningkatan penggunaan media aplikasi ini penulis menggunakan uji t dengan melakukan pretest dan posttest kepada 30 santri nurussalam putri. Hasil uji kelayakan didapatkan skor nilai kelayakan dari ahli materi untuk aspek materi sebesar 5,0 dengan kategori SB (Sangat Baik), dan untuk aspek soal sebesar 4,5 dengan kategori B (Baik). Sedangkan skor nilai kelayakan dari ahli desain sebesar 4,3 dengan kategori B (Baik). Hasil skor dari responden santri pada aspek materi sebesar 4,3 dan untuk aspek desain sebesar 4,2 kedua berada pada kategori B (baik). Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran bahasa Arab berbasis android untuk meningkatan pemahaman qawa’id ini layak digunakan sebagai salah satu media pembelajaran nahwu. Hasil penelitian berdasarkan prestest dan posttest yang telah dilakukan 1) Penggunaan aplikasi media berbasis android dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran qawa‟id 2) Hasil analisis uji beda Mean menunjukkan bahwa nilai posttest lebih besar dari pretest yaitu 84.00 dan 60.33 dengan selisih 23.67. Hasil Uji Paired t-test menunjukkan nilai 2-tailed sebesar 0.000 < 0.005 yang berarti media pembelajaran bahasa arab berbasis android dapat meningkatkan pemahaman qawa’id santriwati Pondok Pesantren Nurussalam Krapyak Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Zainal Arifin, A, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Media, Pembelajaran Qawa’id, Aplikasi Android
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Sri Lestari
Date Deposited: 18 Nov 2020 13:49
Last Modified: 18 Nov 2020 13:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41086

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum