RELEVANSI KONSEP KARAKTER RENDAH HATI DALAM HADIS NABI TERHADAP KECERDASAN INTRAPERSONAL DAN INTERPERSONAL HOWARD GARDNER

SEPIYAH, 17204010041 (2019) RELEVANSI KONSEP KARAKTER RENDAH HATI DALAM HADIS NABI TERHADAP KECERDASAN INTRAPERSONAL DAN INTERPERSONAL HOWARD GARDNER. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (RELEVANSI KONSEP KARAKTER RENDAH HATI DALAM HADIS NABI TERHADAP KECERDASAN INTRAPERSONAL DAN INTERPERSONAL HOWARD GARDNER)
1-v.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (RELEVANSI KONSEP KARAKTER RENDAH HATI DALAM HADIS NABI TERHADAP KECERDASAN INTRAPERSONAL DAN INTERPERSONAL HOWARD GARDNER)
17204010041_SEPIYAH_BAB II_IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (545kB)

Abstract

Sepiyah, NIM. 17204010041, Prodi Pendidikan Agama Islam, Relevansi Konsep Karakter Rendah Hati dalam Hadis Nabi Terhadap Kecerdasan intrapersonal dan Interpersonal Howard Gardner. Tesis Program Magister Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Tugas dan tanggung jawab guru merupakan hal yang sangat penting untuk diketahui bersama. Tujuan pendidikan nasional sangat jelas, sehingga menjadi kewajiban lembaga pendidikan terutama pendidik dalam berusaha mencapai tujuan tersebut melalui proses pembelajaran dan penanaman serta internalisasi nilai-nilai budaya dan agama dimana pembelajaran tidak tertuju hanya pada penguasaan ranah kognitif saja. Pendidikan Karakter adalah salah satu tujuan yang palik pokok diantara tujuan-tujuan yang lainnya, sebab dengan memiliki karakter/ahklak yang baik tersebut maka akan menjadi benteng pertahanan seseorang dalam bertindak. Oleh sebab itu dalam penelitian ini penulis mencoba melihat relevansi konsep karakter rendah hati dalam hadis Nabi terhadap kecerdasan intrapersonal dan interpersonal. Kecerdasan tersebut termasuk dalam salah karakter yang sangat penting ditanamkan serta dikembangkan pada diri anak, agar menjadi manusia yang beriman kepada Tuhan dan berakhlak mulia. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kepustakaan (Library Resarch) yang bersifat kualitatif. Adapun obyek dari penelitian ini yaitu Peneliti mengkaji mengenai hadis-hadis karakter rendah hati juga konsep kecerdasan pribadi yang ditawarkan oleh Howard Gardner dalam bukunya ‘Frames Of Mind’. Sedangkan pengumpulan data dalam penelitian ini penulis mengambil dari sumber primer kitab Shahih Bukhari, Muslim dan buku ‘Frames Of Mind’. Analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik diskriptif-analitik-kritis, khusus untuk hadisnya, sedangkan konsep kecerdasan pribadi, peneliti hanya mengkaji dan memahami konsep dari kecerdasan pribadi menurut Howard Gardner dan penjelasan-penjelasan dari sumber atau buku yang lain. Hasil penelitian ini yaitu: Terdapat adanya relevansi konsep karakter rendah hati dalam hadis nabi terhadap kecerdasan intrapersonal dan interpersonal serta nilai-nilai karakter rendah hati, dengan menggunakan ukuran teori relevansi. Salah satu karakteristik kecerdasan pribadi adalah memiliki kemampuan dalam memahami perasaan dan motivasi orang lain serta senang bekerja sama dalam kelompok, sedangkan Rasulullah adalah orang yang paling baik ahklaknya dimana ahklak yang baik tersebut menjadikan seseorang mampu hidup bersama dan disenangi oleh orang lain. Artinya Konsep tersebut menimbulkan dampak yang sama, sehingga penulis berkesimpulan adanya relevansi konsep dari segi dampak kontekstual.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Sangkat Sirait, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Multiple Intelligences, Karakter Rendah Hati, Kecerdasan Pribadi. A
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sri Lestari
Date Deposited: 18 Nov 2020 13:49
Last Modified: 18 Nov 2020 13:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41087

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum