STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PENDIDIKAN DI SMP MUHAMMADIYAH 1 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA

Muhammad Iqbal, 17204010082 (2019) STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PENDIDIKAN DI SMP MUHAMMADIYAH 1 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PENDIDIKAN DI SMP MUHAMMADIYAH 1 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA)
17204010082_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PENDIDIKAN DI SMP MUHAMMADIYAH 1 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA)
17204010082_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Muhammad Iqbal. Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan dalam Meningkatkan Pelayanan Pendidikan di SMP Muhammadiyah 1 Depok Sleman Yogyakarta. Tesis. Yogyakarta: Program Magister Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Tahun 2019.Penelitian ini difokuskan di SMP Muhammadiyah 1 Depok, ketika tahun 2009 SMP ini mengalami keterpurukan. Jika sekolah tidak mampu menerima anak-anak lebih dari 10 siswa maka SMP ini terancam akan ditutup. Faktor keterpurukan SMP ini disebabkan oleh marketing yang gagal dan pelayanan jasa pendidikan yang menurun. Dengan menerapkan strategi pemasaran jasa pendidikan dalam meningkatkan pelayanan pendidikan, SMP Muhammadiyah 1 Depok ini mampu bangkit dari keterpurukan. Sehingga konsumen, orang tua, dan masyarakat kembali yakin dan percaya untuk menyekolahkan anaknya di SMP ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) strategi pemasaran jasa dalam meningkatkan pelayanan pendidikan SMP Muhammadiyah 1 Depok, (2) implementasi strategi pemasaran jasa pendidikan dalam meningkatkan pelayanan pendidikan SMP Muhammadiyah 1 Depok, dan (3) faktor pendukung dan penghambat dari penerapan strategi pemasaran jasa pendidikan SMP Muhammadiyah 1 Depok. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan teori strategi pemasaran jasa pendidikan. Data dikumpulkan melalui: (1) observasi, (2) dokumentasi, dan (3) wawancara mendalam kepada kepala sekolah, waka humas, waka kesiswaan, orang tua siswa dan siswa. Teknik validasi dan keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, strategi pemasaran jasa pendidikan dalam meningkatkan pelayanan pendidikan SMP Muhammadiyah 1 Depok, yaitu: (1) strategi pemasaran internal yang meliputi pengembangan SDM, pembinaan hubungan dengan guru melalui pertemuan rutin, perhatian sekolah terhadap guru yang sakit, dan pemberian reward atau bonus kepada guru yang berprestasi. (2) strategi pemasaran eksternal, pertama pemasaran jasa secara langsung yang meliputi: (a) pemasaran dengan cara berkomunikasi, melakukan kontak langsung dengan calon siswa dan melakukan kegiatan hubungan dengan masyarakat, (b) pemasaran dengan cara mempromosikan SMP Muhammadiyah 1 Depok Sleman di alamat website sekolah: http://smpmuh1depok.sch.id/., (c) pemasaran dengan mengirim brosur ke Sekolah Dasar baik yang negeri maupun yang swasta di wilayah Maguwoharjo, (d) mengundang orang tua murid guna untuk meminta bantuan agar ikut mempromosikan sekolah dengan mengadakan rapat akhir tahun, rapat acara sosialisasi kelas IX, (e) mengikuti lomba-lomba dibidang intrakurikuler seperti: olimpiade matematika, IPA dan pidato bahasa inggris, sedangkan dibidang ekstrakurikuler, seperti mengikuti lomba beladiri, desain batik, dan seni tunggal IPSI O2SN. Kedua pemasaran jasa secara tidak langsung yang meliputi: (a) melakukan kegiatan pentas daging kurban di lingkungan SMP Muhammadiyah 1 Depok Sleman dan yang menjadi panitia dalam acara ini adalah siswa kelas IX, (b) memberikan santunan terhadap anak yatim secara informal dalam program untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, (c) melakukan kegiatan Qaryah Tayyibah (mengajar TPA) ke masyarakat yang dilakukan oleh para siswa kelas IX dan dibimbing oleh guru-guru, (d) mengikuti kegiatan yang sikapnya Nasionalisme seperti upacara bendera pada setiap hari senin dan hari nasional. (3) strategi pemasaran interaktif yaitu adanya pelayanan yang baik dan sopan untuk konsumen baik kepada peserta didik maupun wali murid. Kedua, implementasi strategi pemasaran jasa pendidikan dalam meningkatkan pelayanan pendidikan SMP Muhammadiyah 1 Depok yaitu: (1) melakukan strategi pemilihan pasar dengan melakukan segmentasi pasar, targeting dan positioning. (2) menetapkan marketing mix dengan cara menerapkan produk-produk yang berkualitas dari SMP ini, menonjolkan letak geografisnya yang cukup strategis, menerapkan harga yang bersaing, dan juga melakukan langkah-langkah promosi. Ketiga, faktor pendukung dan penghambat dari strategi pemasaran jasa pendidikan SMP Muhammadiyah 1 Depok yang dirangkum dalam kelebihan, kelemahan, peluang dan tantangan sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Zainal Arifin, M.S.I
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Jasa Pendidikan, Pelayanan Pendidikan, Marketing mix.
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2) > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sri Lestari
Date Deposited: 18 Nov 2020 13:49
Last Modified: 18 Nov 2020 13:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41101

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum