Rachmad Sobri, 17204010085 (2019) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI DAN KINERJA TENAGA PENDIDIK DI SMP N 4 DEPOK. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI DAN KINERJA TENAGA PENDIDIK DI SMP N 4 DEPOK)
17204010085_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
|
![]() |
Text (PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI DAN KINERJA TENAGA PENDIDIK DI SMP N 4 DEPOK)
17204010085_BAB-II_sampai_BAB-IV.pdf Restricted to Registered users only Download (951kB) |
Abstract
Rachmad Sobri, NIM. 17204010085. Peran Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kompetensi dan Kinerja Tenaga Pendidik di SMP N 4 Depok. Tesis. Yogyakarta: Program Magister Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2019. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran kepala sekolah dalam dunia pendidikan yang menjadi pemimpin untuk mengelola seluruh sumber daya manusia (SDM) yang ada di dalamnya, termasuk tenaga pendidik yang harus ditingkatkan kompetensi dan kinerja agar tujuan pendidikan yang dicita-citakan dapat terlaksana secara maksimal. Terdapat tiga kerangka konseptual dalam penelitian ini, yaitu: peran kepala sekolah, kompetensi tenaga pendidik, dan kinerja tenaga pendidik. Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Adapun subyek dari penelitian ini ialah kepala sekolah dan tenaga pendidik di SMP N 4 Depok dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi dalam melakukan analsiis data, diperkuat dengan uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi.Hasil dari penelitian ini menunjukan, bahwa (1) peran kepala sekolah di SMP N 4 Depok sudah cukup baik, hal ini karena dari ke tujuh peran kepala sekolah sebagai: edukator, manager, leader, administrator, supervisor, inovator dan motivator sudah dijalankan dengan maksimal kepada tenaga pendidik (2) kompetensi tenaga pendidik di SMP N 4 Depok sudah baik karena semua tenaga pendidik yang ada merupakan lulusan S1 Sarjana pendidikan dan mempunyai kompetensi pedagogik, profesional, keperibadian, soisal yang cukup baik (3) kinerja tenaga pendidik di SMP N 4 Depok sudah cukup maksimal hal ini sesuai dengan peraturan pemerintah tentang kinerja tenaga pendidik di sekolah yang harus melakukan perencanaan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran dan melakukan proses penilaian pembelajaran (4) Adapun faktor yang mempengaruhi peningkatan kompetensi dan kinerja tenaga pendidik di SMP N 4 Depok antara lain. Faktor intrinsik yaitu faktor keyakinan, keterampilan, pengalaman, karakteristik kepribadian, motivasi, isu emosional, dan budaya organisasi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Dr. Subiantoro M.Ag |
Uncontrolled Keywords: | Peran Kepala Sekolah, kompetensi dan kinerja tenaga pendidik |
Subjects: | Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2) > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Sri Lestari |
Date Deposited: | 18 Nov 2020 13:49 |
Last Modified: | 18 Nov 2020 13:49 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41105 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |