PENGEMBANGAN BUKU BAHAN AJAR BAHASA ARAB BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA AL-QUR’AN SURAT LUQMAN DI KELAS X MAN 2 SLEMAN

Mu’taz Roshif, 17204010093 (2019) PENGEMBANGAN BUKU BAHAN AJAR BAHASA ARAB BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA AL-QUR’AN SURAT LUQMAN DI KELAS X MAN 2 SLEMAN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BUKU BAHAN AJAR BAHASA ARAB BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA AL-QUR’AN SURAT LUQMAN DI KELAS X MAN 2 SLEMAN)
17204010093_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BUKU BAHAN AJAR BAHASA ARAB BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA AL-QUR’AN SURAT LUQMAN DI KELAS X MAN 2 SLEMAN)
17204010093_BAB-II_SAMPAI_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Mu’taz Roshif, Pengembangan Buku Bahan Ajar Bahasa Arab Berbasis Pendidikan Karakter Pada Al-Qur’an Surat Luqman di Kelas X MAN 2 Sleman. Tesis, Yogyakarta : Program Magister Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Latar belakang penelitian ini adalah krisis moral yang dialami generasi muda pada saat ini mendorong peneliti untuk menyusun bahan ajar berbasis pendidikan karakter dalam Al-Qur‟an surat Luqman. Dalam hal ini adalah buku bahan ajar bahasa Arab kelas X. penelitian ini bertujuan untuk membuat produk berupa bahan ajar bahasa Arab siswa berbasis pendidikan karakter dalam Al-Qur‟an surat Luqman. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian dan Pengembangan / Research and Development (R n D) dengan melakukan : (1) review terhadap bahan ajar yang telah ada, (2) menemukan masalah dan potenso pada saat obsevasi pembelajaran dan wawancara, (3) menyebar angket analisis kebutuhan, (4) mendesain produk, (4) meminta tanggapan ahli materi dan ahli desain, (5) merevisi produk berdasarkan tanggapan ahli, (6) uji coba produk pada kelas, (7) merevisi berdasarkan tanggapan siswa pada uji coba kelas, (8) produk akhir. Hasil penelitian ini adalah produk baru buku bahan ajar yang berjudul “Buku Siswa Bahasa Arab Berbasis Nilai Pendidikan Karakter Dalam Al-Qur‟an Surat Luqman Kelas X”. Struktur bahan ajar terdiri atas : 1) sampul, 2) pendahuluan, 3) daftar isi, 4) kata pengantar, 5) petunjuk penggunaan buku, 6)Al-Qur‟an surat Luqman sesuai nilai karakter yang ada pada perbab, 7) tujuan pembelajaran, 8) materi pokok yang terdiri dari teks, qawa‟id yang berkaitan dengan nilai- nilai pendidikan karakter, latihan soal, dan mufradat beserta artinya. Hasil validasi desain berkategori baik. Kemudian berdasarkan hasil validasi ahli materi berkategori baik. Setelah dilakukan uji coba pada kelas dan mendapatkan tanggapan dari siswa tentang produk bahan ajar yang telah dikembangkan, pada komponen materi berkategori baik. Sedangkan pada kategori desain berkategori desain berkategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa buku bahan ajar bahasa Arab siswa berbasis pendidikan karakter dalam Al-Qur‟an surat Luqman berkategori baik dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Nashiiruddin, M.Pd, M.SI
Uncontrolled Keywords: buku bahan ajar, pembelajaran bahasa Arab, pendidikan karakter dalam Al-Qur‟an surat Luqman
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Sri Lestari
Date Deposited: 30 Sep 2020 09:17
Last Modified: 30 Sep 2020 09:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41114

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum