PENGEMBANGAN MODUL PAUD BERBASIS PANCA AMAL AL-WASHLIYAH UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI RA AL-WASHLIYAH KISARAN KABUPATEN ASAHAN SUMATERA UTARA Oleh:

Mhd. Habibu Rahman, 17204030002 (2019) PENGEMBANGAN MODUL PAUD BERBASIS PANCA AMAL AL-WASHLIYAH UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI RA AL-WASHLIYAH KISARAN KABUPATEN ASAHAN SUMATERA UTARA Oleh:. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL PAUD BERBASIS PANCA AMAL AL-WASHLIYAH UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI RA AL-WASHLIYAH KISARAN KABUPATEN ASAHAN SUMATERA UTARA Oleh:)
17204030002_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL PAUD BERBASIS PANCA AMAL AL-WASHLIYAH UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI RA AL-WASHLIYAH KISARAN KABUPATEN ASAHAN SUMATERA UTARA Oleh:)
17204030002_BAB-II_III_IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Mhd. Habibu Rahman. Pengembangan Modul PAUD Berbasis Panca Amal Al- Washliyah untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di RA Al-Washliyah Kisaran Kabupaten Asahan Sumatera Utara Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan guru pendidikan anak usia dini dalam mengaplikasikan panca amal Al-washliyah dikarenakan masih jarangnya ditemukan bahan ajar yang dicetak khusus untuk guru pendidikan anak usia dini yang mengajar di Al-Washliyah. Perpaduan kegiatan panca amal Al- Washliyah dengan materi pendidikan anak usia dini dapat mengoptimalkan kemampuan pendidik dalam memahmi teori-teori belajar dan lebih variatif dalam pengguanaan metode mengajar. Oleh sebab itu peneliti mengembangkan sebuah modul PAUD berbasis panca amal Al-Washliyah untuk meningkatkan kompetensi pedagogik pendidik. Jenis penelitian ini adalah research and depelovment (R&D). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul PAUD Berbasis Panca Amal Al- Washliyah, serta mengetahui efektivitasnya dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru. Proses pengembangan meliputi perencanaan, desain dan pengembangan. Validasi produk dilakukan oleh ahli media, ahli materi, pengurus Al-Washliyah, dan teman sejawat untuk memberikan penilaian, serta masukan terhadap produk yang dikembangkan. Selanjutnya dilakukan revisi desain produk yang kemudian digunakan dalam ujicoba skala kecil. Revisi produk dilakukan kembali sebelum digunakan dalam ujicoba skala besar. Setelah dilakukan revisi, produk digunakan dalam ujicoba skala besar. Peneliti juga menggali respon pendidik dan saran perbaikan untuk dijadikan acuan dalam melakukan revisi produk sehingga menjadi produk akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran mandiri oleh pendidik. Hal ini didasarkan pada skor penilaian ahli media, ahli materi, pengurus Al-Washliyah, dan teman sejawat yang telah dikonversi dalam data interval menghasilkan gradiasi positif. Selanjutnya berdasarkan hasil pretest dengan nilai 17,25 dan posttest sejumlah 26,5 menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan kompetensi pedagogik sejumlah 9,25 dengan gain standar 0,75 yang berada pada kategori “tinggi”. Observasi aktivitas guru menunjukkan dalam persentase 97% dengan kategori “sangat tinggi”. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan modul yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Ahmad Arifi, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Modul, PAUD Berbasis panca amal Al-Washliyah, Kompetensi Pedagogik
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: Sri Lestari
Date Deposited: 30 Sep 2020 11:43
Last Modified: 30 Sep 2020 11:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41132

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum