i IMPLEMENTASI METODE BCCT (BEYOND CENTER AND CIRCLE TIME) DALAM PENGEMBANGAN KECERDASAN VERBAL LINGUISTIK DAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA DINI (Studi Kasus Di PAUD Terpadu ‘Aisyiyah Nur’aini Ngampilan Yogyakarta)

Nia Kurniasari, 17204030006 (2019) i IMPLEMENTASI METODE BCCT (BEYOND CENTER AND CIRCLE TIME) DALAM PENGEMBANGAN KECERDASAN VERBAL LINGUISTIK DAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA DINI (Studi Kasus Di PAUD Terpadu ‘Aisyiyah Nur’aini Ngampilan Yogyakarta). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI METODE BCCT (BEYOND CENTER AND CIRCLE TIME) DALAM PENGEMBANGAN KECERDASAN VERBAL LINGUISTIK DAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA DINI (Studi Kasus Di PAUD Terpadu ‘Aisyiyah Nur’aini Ngampilan Yogyakarta))
HALAMAN DEPAN_BAB I_BAB V_Nia Kurniasari_17204030006.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI METODE BCCT (BEYOND CENTER AND CIRCLE TIME) DALAM PENGEMBANGAN KECERDASAN VERBAL LINGUISTIK DAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA DINI (Studi Kasus Di PAUD Terpadu ‘Aisyiyah Nur’aini Ngampilan Yogyakarta))
BAB II_BAB III_BAB IV_Nia Kurniasari_17204030006.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Nia Kurniasari, 17204030006. “Implementasi Metode BCCT (Beyond Center And Circle Time) Dalam Pengembangan Kecerdasan Verbal Linguistik Dan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini”, (Studi Kasus Di PAUD Terpadu „Aisyiyah Nur‟aini Ngampilan Yogyakarta). Tesis, Program Magister Universias Islam Negeri Sunan KalijagaYogyakarta, 2019. Kecerdasan verbal linguistik dan interpersonal anak diperlukan dalam kehidupan sosial. Stimulasi kecerdasan ini dapat dilakukan melalui bermain terarah yaitu metode BCCT (Beyond Center and Circle Time). Tujuan penelitian ini adalah: (1)mengetahui implementasi metode BCCT di PAUD Terpadu „Aisyiyah Nur‟aini, (2)mengetahui pengembangan kecerdasan verbal linguistik dan interpersonal anak di sentra-sentra dan (3)mengetahui hasil perkembangan kecerdasan verbal linguistik dan interpesonal anak melalui metode BCCT. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan jenis field research. Sumber data penelitian: purposive sampling di kelas KB1, A2 dan B3. Teknik pengumpulan data: wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data melalui reduksi data, display data dan kesimpulan. Triangulasi digunakan untuk keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, implementasi metode BCCT di PAUD Tepadu‟Aisyiyah Ngampilan dilakukan secara terpadu. Setiap sentra memiliki keunikan tersendiri. Sentra terlaksana secara efektif didukung oleh jumlah guru yang cukup, sarana prasarana memadai, tim kurikulum dan jadwal rolling sentra yang teratur. Kedua, pengembangan kecerdasan verbal linguistik dan kecerdasan interpersonal anak muncul di 3 pijakan. Di pijakan sebelum main ada brainstorming, tanya jawab dan pra membaca. Indikator kecerdasan verbal linguistik: menerima kosakata, memahami perintah sederhana, menceritakan pengalaman, keaksaraan. Indikator kecerdasan interpersonal: menghargai teman berbicara, toleransi berbicara, percaya diri, bersikap santun, disiplin, antri memilih kegiatan di sentra. Di pijakan saat main, indikator kecerdasan verbal linguistik meliputi: bercakap-cakap dengan teman, menceritakan hasil karya, menyampaikan keinginan/gagasan, keaksaraan (calistung). Indikator kecerdasan interpersonal meliputi; santun berbicara, toleransi, disiplin, kemandirian, menghargai dan kasih sayang. Di pijakan setelah main saat membereskan mainan dan recalling, indikator kecerdasan verbal linguistik meliputi: menceritakan pengalaman main, mengungkapkan perasaan. Indikator kecerdasan interpersonal: bekerjasama membereskan mainan, menolong teman,tanggungjawab dan antri. Ketiga, Hasil perkembangan kecerdasan verbal linguistik dan interpersonal anak berdasarkan indikator (tingkatan usia 3-6 tahun) diperoleh hasil secara umum yaitu dapat berkembang sesuai harapan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Ahmad Arifi, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: BCCT, kecerdasan verbal linguistik, kecerdasan interpersonal
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: Sri Lestari
Date Deposited: 30 Sep 2020 12:27
Last Modified: 30 Sep 2020 12:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41133

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum