PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KARAKTER ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN BERBASIS KEARIFAN LOKAL BERGITO NAN PERSEBATIAN DI KB AL HIKMAH BATU BARA SUMATERA UTARA

Dina Khairiah, 17204030008 (2019) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KARAKTER ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN BERBASIS KEARIFAN LOKAL BERGITO NAN PERSEBATIAN DI KB AL HIKMAH BATU BARA SUMATERA UTARA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KARAKTER ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN BERBASIS KEARIFAN LOKAL BERGITO NAN PERSEBATIAN DI KB AL HIKMAH BATU BARA SUMATERA UTARA)
17204030008_BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA, LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KARAKTER ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN BERBASIS KEARIFAN LOKAL BERGITO NAN PERSEBATIAN DI KB AL HIKMAH BATU BARA SUMATERA UTARA)
17204030008_BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Dina Khairiah. Pengembangan Modul pembelajaran Karakter Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berbasis Kearifan Lokal Bergito nan Persebatian di KB Al Hikmah batu Bara Sumatera Utara. Penelitian ini diawali dengan kegelisahan peneliti berdasarkan pengalaman dan pengamatan di lapangan. Tidak banyak lembaga pendidikan anak usia dini yang mengkhususkan penanaman nilai karakter berbasis kearifan lokal untuk anak usia dini, yang pada kearifan lokal bermakna pengangkatan saudara bermula dari tidak ada ikatan darah serta nilai persatuan dan kesatuan di suatu daerah. Selain itu dalam penyelenggaraannya sekolah hanya menekankan tentang baca, tulis hitung dengan metode guru yang sangat monoton itu terlihat dari anak yang terlihat bosan dan jenuh sehingga membuat anak tidak tertib dan mengganggu temannnya. Oleh karena itu peneliti mengembangkan sebuah modul pembelajaran karakter berbasis kearifan lokal bergito nan persebatian. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D). penelitian ini bertujuan untuk mengembangakn Modul PAUD berbasis kearifan lokal bergito nan persebatian serta mengetahui efektivitasnya pada enam nilai karakter yakni kecintaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa/ kasih sayang, rendah hati, cinta lingkungan, tanggung jawab, toleransi dan kepemimpinan. Proses pengembangan meliputi perencanaan, desain dan pengembangan sampai dengan revisi produk skala besar. Validasi produk dilakukan oleh ahli media, ahli materi, teman sejawat dan pendidik untuk memberikan penilaian serta masukan/ saran terhadap produk yang dikembangkan. Setelah itu dilakukan revisi desain produk yang kemudian digunakan dalam ujicoba skala kecil. Revisi produk dilakukan kembali sebelum digunakan kedalam uji coba skala besar. Selanjutnya produk digunakan dalam ujicoba skala besar. Peneliti mendapat respon dan saran dari guru dan teman sejawat untuk dijadikan acuan dalam melakukan revisi produk akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk yang dikembangakn layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran dalam penanaman karakter yang digunakan oleh guru. Hal ini didasarkan pada rata-rata skor penilaian keseluruhan validator dari ahli media, ahli materi, teman sejawat dan Pendidik diperoleh skor 4,24 yang berada pada kategori “Sangat Baik”. Selanjutnya berdasarkan hasil pretest dengan nilai 17 dan posttest sejumlah 26 dengan gain standar 0.78 yang berada pada kategori “tinggi”. Observasi terhadap aktivitas pembelajaran karakter anak menunjukkan rata-rata skor 61,76% dengan kategori Muncul (berkembang sesuai harapan dan 35,71% dengan kategori konsiten (berkembang sangat baik). Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan modul yang dikembangkan efektif untuk pembelajaran karakter anak usia dini 5-6 tahun.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Ahmad Arifi, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Modul, Karakter berbasis kearifan lokal bergito nan persebatian
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Sri Lestari
Date Deposited: 30 Sep 2020 12:44
Last Modified: 30 Sep 2020 12:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41134

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum