PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN SEKSUAL PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK CERIA DEMANGAN YOGYAKARTA

Fildzah Imami, 17204030013 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN SEKSUAL PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK CERIA DEMANGAN YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN SEKSUAL PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK CERIA DEMANGAN YOGYAKARTA)
17204030013_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN SEKSUAL PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK CERIA DEMANGAN YOGYAKARTA)
17204030013_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Fildzah Imami. Pengembangan Media Pop-Up Book Untuk Meningkatkan Pengetahuan Seksual pada Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak Ceria Demangan Yogyakarta. Tesis: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Program Magister Pendidikan Islam Anak Usia Dini, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2019. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mencatat semakin banyak kasus kekerasan seksual yang terjadi pada anak Indonesia. Pada tahun 2017 terdapat sekitar 393 korban kekerasan seksual dari 66 pelaku. Sedangkan pada awal tahun 2018 yaitu dari Januari hingga Februari kasus kekersan seksual sudah mencapai 117 korban dengan 22 orang pelaku. Fakta meningkatnya kekerasan seksual yang terjadi pada anak menyadarkan kita pentingnya melindungi anak dari ancaman kekerasan seksual. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk melindungi anak dari kasus kekerasan seksual yaitu dengan memberikan informasi dan pemahaman akan pendidikan seksual sehingga anak dapat memproteksi dirinya dari ancaman kekerasan seksual. Pada penelitian ini penulis melakukan penelitian peningkatan pengetahuan seksual kepada anak melalui media pop-up book. Pop-up Book adalah buku yang memberikan potensi gerak atau memunculkan objek dan interaksi dengan penggunaan mekanisme kertas berupa lipatan, gulungan, geseran, sentuhan atau putaran. Dengan objek yang dapat muncul dari buku diharapkan media pop-up book dapat membangkitkan minat dan perhatian anak terhadap materi pendidikan seksual yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui kelayakan media pop-up book untuk meningkatkan pemahaman pendidikan seksual pada anak usia 5-6 tahun. (2) Mengetahui media pop-up book dapat meningkatkan pemahaman pendidikan seksual pada anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) yang menggunakan model Borg & Gall. Penelitian R&D ini dilakukan sampai pada langkah ke 7 dengan langkah-langkah penelitian sebagai berikut: (1) potensi masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk. Subjek dalam penelitian ini adalah anak TK Ceria Demangan Yogyakarta yang berusia 5-6 tahun berjumlah 12 orang anak. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan melakukan observasi, wawancara, angket, serta dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan selanjutnya dianalisis dengan cara menganalisis data kuantitatif lalu diperkuat oleh data kualitatif. Hasil Penelitian adalah: (1) Hasil validasi oleh ahli media, materi, dan bahasa menunjukkan produk media pop-up book layak untuk digunakan dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 4,3 dengan interpretasi sangat baik. (2) Adanya peningkatan yang signifikan terhadap pengetahuan seksual anak dilihat dari hasil rata-rata skor pretest 11,5 dan hasil rata-rata posttest 22,3 dan memperoleh gain standar 0,98 dengan interprestasi tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Ahmad Arifi, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Media Pop-Up Book, Pengetahuan Seksual
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: Sri Lestari
Date Deposited: 02 Oct 2020 10:26
Last Modified: 02 Oct 2020 10:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41158

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum