PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN FORMASI REGU TEMBAK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH KELAS IV DI MIN 1 BANTUL YOGYAKARTA

Sintami Rahayu, 17204080017 (2019) PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN FORMASI REGU TEMBAK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH KELAS IV DI MIN 1 BANTUL YOGYAKARTA. Other thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN FORMASI REGU TEMBAK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH KELAS IV DI MIN 1 BANTUL YOGYAKARTA)
17204080017_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN FORMASI REGU TEMBAK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH KELAS IV DI MIN 1 BANTUL YOGYAKARTA)
17204080017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Sintami Rahayu, Pengembangan Strategi Pembelajaran Formasi Regu Tembak untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara dan Motivasi Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah Kelas IV di MIN 1 Bantul Yogyakarta. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN Sunan Kalijaga 2019. Kebutuhan guru akan strategi pembelajaran keterampilan berbicara dan motivasi belajar siswa menjadi dasar penelitian ini. Tujuan penelitian ini yaitu untuk memaparkan proses pengembangan desain strategi pembelajaran formasi regu tembak, menghasilkan produk pengembangan yang layak dan efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan berbicara dan motivasi belajar siswa Madrasah Ibtidaiah. Jenis Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development yaitu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. Peneliti memilih model pengembangan Dick and Carey dengan langkah-langkah identifikasi tujuan pengajaran, melakukan analisis instruksional, mengidentifikasi tingkah laku awal atau karakteristik siswa, merumuskan tujuan kinerja, pengembangan tes acuan patokan, pengembangan strategi pengajaran, mengembangkan dan memilih material pembelajaran, mendesain dan melaksanakan evaluasi formatif, dan melakukan revisi. Produk penelitian ini yaitu berupa modifikasi strategi pembelajaran formasi regu tembak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Proses pengembangan strategi pembelajaran Formasi Regi Tembak mengacu pada model pengembangan Dick and Carey; 2) Kelayakan produk dilihat dari penilaian ahli strategi pembelajaran memberikan skor 108, ahli bahasa 47, ahli instrumen 103. Penilaian evaluator uji terbatas mendapatkan skor 103 dan uji lapangan 103. Angket respon siswa uji terbatas mendapatkan skor 576, skor tersebut berada pada kriteria sangat baik. Hasil perhitungan angket respon siswa uji lapangan mendapatkan skor 1798 dengan kriteria nilai baik sehingga produk ini layak digunakan; 3) Berdasarkan pengolahan data pretes dan posttes melalui uji multivariat of analyssis (MANOVA) dapat diketahui nilai signifikansi uji Hotelling’s Trace yaitu 0, 000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti ada perbedaan yang signifikan keterampilan berbicara dan motivasi belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan produk pengembangan strategi pembelajaran Formasi Regu Tembak efektif dan dapat meningkatkan keterampilan berbicara dan motivasi belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Dr. Aninditya Sri Nugraheni, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Formasi Regu Tembak, Keterampilan Berbicara, Motivasi Belajar.
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2) > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Puji Hartati
Date Deposited: 02 Oct 2020 10:50
Last Modified: 18 Nov 2020 13:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41162

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum