KONSELING INDIVIDUAL PADA PESERTA DIDIK BERKESULITAN BELAJAR DI KELAS III SD N BALIREJO YOGYAKARTA

Elpiani Rambe, Nim:17204080031 (2019) KONSELING INDIVIDUAL PADA PESERTA DIDIK BERKESULITAN BELAJAR DI KELAS III SD N BALIREJO YOGYAKARTA. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (KONSELING INDIVIDUAL PADA PESERTA DIDIK BERKESULITAN BELAJAR DI KELAS III SD N BALIREJO YOGYAKARTA)
17204080031_BAB I_BAB IV.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img]
Preview
Text (KONSELING INDIVIDUAL PADA PESERTA DIDIK BERKESULITAN BELAJAR DI KELAS III SD N BALIREJO YOGYAKARTA)
17204080031_BAB II, BAB III.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa terdapat sejumlah peserta didik yang mengalami kesulitan belajar di kelas III SD N Balirejo Yogyakarta. Dikatakan mengalami kesulitan belajar dilihat berdasarkan gejala-gejala yang tampak saat pembelajaran. Konseling individual adalah bantuan yang tepat dalam rangka mengentaskan kesulitan belajar peserta didik. Konseling individual adalah layanan tatapmuka berupa wawancara langsung untuk mengentaskan masalah kesulitan belajar. Maka fokus penelitian ini adalah konseling individual serta solusi pengentasan pada peserta didik berkesulitan belajar. Jenis penelitian ini adalah Field research menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Subjek dalam penelitian adalah kepala sekolah, wali kelas III, guru mata pelajaran, orangtua peserta didik yang berkesulitan belajar, dan peserta didik berkesulitan belajar. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan triangulasi yang dimulai dari reduksi data, penyajian data sampai pada penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perubahan maupun kemajuan pada belajar peserta didik. Dengan melaksanakan konseling individual dan solusi pengentasan melalui strategi pekerjaan rumah dan fonik, peserta didik/konseli lebih mudah memahami setiap soal, lebih rajin datang ke sekolah, lebih memahami cara membaca yang benar dan menulis dengan rapi dan benar. Tahap koseling yang dilakukan peneliti mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, tindak lanjut dan laporan hasil konseling. Jenis kesulitan belajar peserta didik dari info wali kelas dan guru mata pelajaran adalah malas belajar, lamban dalam memahami seoal, lamban dalam menulis dan membaca, tetapi setelah peneliti melakukan konseling dan memberikan latihan-latihan juga tes berupa teks dan berdasarkan teori yang peneliti baca, ternyata kesulitan belajar keempat peserta didik termasuk kepada jenis slow learner dan disleksia.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Suyudi, M.A.
Uncontrolled Keywords: Konseling Individual, Kesulitan Belajar Peserta Didik
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: dra. Retno Wuri W
Date Deposited: 18 Nov 2020 13:47
Last Modified: 18 Nov 2020 13:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41188

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum