ADAPTASI ANAK RETARDASI MENTAL DALAM PEMBELAJARAN KELAS INKLUSIF DI MI MA’ARIF KEJI UNGARAN BARAT KABUPATEN SEMARANG

Fitratul Isma, NIM : 17204080026 (2019) ADAPTASI ANAK RETARDASI MENTAL DALAM PEMBELAJARAN KELAS INKLUSIF DI MI MA’ARIF KEJI UNGARAN BARAT KABUPATEN SEMARANG. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

[img] Text (ADAPTASI ANAK RETARDASI MENTAL DALAM PEMBELAJARAN KELAS INKLUSIF DI MI MA’ARIF KEJI UNGARAN BARAT KABUPATEN SEMARANG)
17204080026_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img]
Preview
Text (ADAPTASI ANAK RETARDASI MENTAL DALAM PEMBELAJARAN KELAS INKLUSIF DI MI MA’ARIF KEJI UNGARAN BARAT KABUPATEN SEMARANG)
17204080026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana adaptasi anak retradasi mental dalam pembelajaran Kelas Inklusif di MI Ma’arif Keji dan Mengetahui penanganan yang dilakukan oleg guru pendamping dalam membina anak retardasi mental melalui pembelajaran kelas inklusif dalam proses adaptasi di MI Ma’arif Keji kabupaten Semarang Jenis penelitian ini adalah Peneletian Kualitatif jenis Studi Kasus. Subjek dalam penelitian adalah kepala sekolah, wali kelas III, guru pendamping khusus, orangtua peserta didik yang berkesulitan belajar, dan peserta didik berkesulitan belajar. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan triangulasi yang dimulai dari reduksi data, penyajian data sampai pada penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses adaptasi diantaranya proses adaptif dan maldatif, dan proses ini dapat dilihat dari kematangan emosional, kematangan intelektual, kematangan social, tanggung jawab terbukti pada subjek ditunjukkan pada saat anak melihat teman bermain masih ikut bermain, dan ketika mendapat tekanan, anak masih mempunyai pandangan yang obyektif dengan bersikap baik tidak main hakim sendiri. Walaupun masih ada subjek yang masih kurang dalam hal persepsi, ketika melihat temannya bermain sangat pasif. Kemampuan- kemampuan subjek untuk mengekspresikan perasaannya masih cukup bagus karena masih termasuk anak yang bisa mengontrol emosinya ketika sedang marah. Sedangkan subjek yang terdapat dalam proses maldatif, ia akan sulit mengontrol emosi dan marah, berteriak, bahkan memukul. Untuk mempunyai kemampuan social yang baik terlihat pada waktu temannya menyukai dan merasa senang bergaul bersama diapun membalas sebaliknya dengan kebaikan dan bagaimana dia memperlakukan teman yang menyukai itu dengan perlakuan baik pula. Guru pendamping dalam proses adaptasi memiliki beberapa peran diantaranya, pendamping, pembimbing, suri tauladan yang baik (uswatun hasanah), motivator, fasilitator.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Khamim Zarkasih Putro, M.Si
Uncontrolled Keywords: Adaptasi, Retardasi Mental
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Inklusif
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: dra. Retno Wuri W
Date Deposited: 18 Nov 2020 13:47
Last Modified: 18 Nov 2020 13:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41189

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum