KONSTRUKSI AL-QUR’AN TENTANG AHL AL-KITAB (Studi atas Kitab Naḥwa Tafsīr Mawdhū’ī Li Suwar Al-Qur’ān Al-Karīm karya Muhammad al-Ghazali)

Zulaikhah Fitri Nur Ngaisah, 1520511014 (2019) KONSTRUKSI AL-QUR’AN TENTANG AHL AL-KITAB (Studi atas Kitab Naḥwa Tafsīr Mawdhū’ī Li Suwar Al-Qur’ān Al-Karīm karya Muhammad al-Ghazali). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (KONSTRUKSI AL-QUR’AN TENTANG AHL AL-KITAB (Studi atas Kitab Naḥwa Tafsīr Mawdhū’ī Li Suwar Al-Qur’ān Al-Karīm karya Muhammad al-Ghazali))
1520511014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (KONSTRUKSI AL-QUR’AN TENTANG AHL AL-KITAB (Studi atas Kitab Naḥwa Tafsīr Mawdhū’ī Li Suwar Al-Qur’ān Al-Karīm karya Muhammad al-Ghazali))
1520511014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Ahl al-Kitab adalah kaum yang mempunyai kitab suci. Jumhur ulama sepakat kaum Yahudi dan Nasranilah yang dinyatakan sebagai Ahl al-Kitab. Al-Qur‟an menjunjung tinggi toleransi antar agama, begitu juga terhadap Ahl-Al-Kitab. Di dalam Al-Qur‟an banyak terdapat ajaran dan anjuran untuk menjaga hubungan baik antar umat beragama, di antaranya dalam etika kebebasan beragama, menghormati agama lain dan etika persaudaraan. Salah satu ulama kontemporer, Muhammad alGhazali adalah salah seorang ulama progresif yang banyak menelurkan ide-ide baru demi perkembangan Islam. Sosoknya mampu memberikan warna dalam perkembangan khazanah keilmuan Islam dengan pemikiran-pemikirannya yang bernuansa tajdid, dan tidak heran kadang memicu kontroversi di berbagai kalangan. Dari salah satu karya tafsirnya yaitu Naḥwa Tafsīr Mawdhū’ī Li Suwar Al-Qur’ān Al-Karīm terlihat berbeda ketika melihat beberapa penafsirannya mengenai ayat-ayat yang membicarakan tentang Ahl Al-Kitab, Al- Ghazali menampakkan fanatisme keagamaannya, seolah justru sang pembaca seperti kembali berada pada masa Nabi. Kemudian dari latar belakang inilah penulis tertarik untuk melakukan penelitian. Penelitian ini menggunakan metode tematik yang bersifat deskriptif-analitis. Dengan menggunakan pendekatan hermeneutik Gadamer yakni teori “wirkungsgeschichtliches” (kesadaran keterpengaruhan oleh sejarah). Menurut teori ini, pemahaman seorang penafsir (dalam penelitian ini diposisikan dengan Muhammad al-Ghazali sebagai pemikir mengenai ayatayat Ahl Al-Kitab) ternyata dipengaruhi oleh situasi hermeneutik tertentu yang melingkupinya, baik itu tradisi, kultur maupun pengalaman hidupnya. Kemudian hasil dari penelitian ini adalah ada beberapa penafsiran Al-Ghazali tentang ahl al-kitab dalam problem sosial yang terjadi. Diantara beberapa yang disinggung oleh al-Ghazali adalah sikap Yahudi terhadap muslim yang begitu keras tanpa celah sehingga tidak terjalin hubungan yang harmonis divi dalamnya, kemudian sikap Nasrani terhadap muslim yang menunjukkan sikap lebih bersahabat dengan umat Islam. Informasi al-Qur‟an tersebut didukung oleh fakta historis mengenai sikap bersahabat kaum Nasrani sejak awal perkembangan Islam pada periode Makkah. Kemudian tentang menjalin silaturahmi dengan mengucap salam, sesuai dengan penafsiran al-Ghazali hal ini diperbolehkan untuk menjalin hubungan baik antar sesama umat beragama. Dalam konteks Indonesia yang memiliki penganut agama beragam, hal tersebut dapat diterapkan serta dapat dibedakan antara ranah sosial dan kepercayaan. Selanjutnya terkait tentang kebebasan beragama. Indonesia menganut enam agama kepercayaan yaitu Islam, Hindu, Budha, Kristen, Katholik dan Konghucu, dari secara keseluruhan dapat terjalin hubungan beragama yang harmonis. Selain itu membutuhkan beberapa penekanan pada pengertian kafir dalam setiap pribadi Islam yang masih sering dilontarkan dan mengakibatkan kesalahpahaman.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. Muhammad Chirzin, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: ahl al-kitab, Muhammad al-Ghazali
Subjects: Tafsir Al-Qur'an
Islam dan Pemikiran
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Aqidah dan Filsafat Islam (S2)
Depositing User: dra. Retno Wuri W
Date Deposited: 18 Nov 2020 13:48
Last Modified: 18 Nov 2020 13:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41232

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum