INTEGRASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN SENI DI SMK NEGERI 3 KASIHAN BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Dwi Priyana, NIM. 17204010039 (2019) INTEGRASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN SENI DI SMK NEGERI 3 KASIHAN BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (INTEGRASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN SENI DI SMK NEGERI 3 KASIHAN BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
17204010039_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (INTEGRASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN SENI DI SMK NEGERI 3 KASIHAN BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
17204010039_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Peserta didik yang mempunyai gaya belajar kinestetik umumnya mempunyai jiwa seni, cenderung bebas dan tidak mudah diatur, mereka tidak mampu duduk manis dalam waktu yang lama untuk memperhatikan penjelasan pendidiknya. Peneliti tertarik melakukan penelitian di SMK Negeri 3 Kasihan, karena lembaga ini menerapkan konsep pembelajaran integrative dengan mengoptimalkan potensi seni yang dimiliki peserta didiknya. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui konsep integrasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Seni, (2) mengetahui penerapan integrasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Seni, (3) mengetahui dampak integrasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Seni, dan (4) mengetahui problematika penerapan integrasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Seni. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif, dengan subjek peneliatiannya yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekaolah, pendidik (GPAI) dan peserta didik. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, triangulasi dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa: pertama, SMK Negeri Kasihan mengintegrasikan Pendidikan Agama Islam dan Seni dalam proses pembelajaran (menggunakan teori integrasi yang dikembangkan oleh Pokja UIN Sunan Kalijaga dengan empat level integrasi: filosofis, meteri, metodelogi, dan strategi). Kedua, meteri Pendidikan Agama Islam dan Seni diintegrasikan dalam model “Sarang” dan “Irisan”. Ketiga, pendekatan integrasi Pendidikan Agama Islam dan Seni menggunakan pendekatan intuitif-sufistik untuk mendapatkan makna atau nilai-nilai universal yang dapat dipahami oleh semua pihak (agama dan seni). Keempat, strategi integrasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Seni dalam bentuk penerapan model pembelajaran aktif dan menyenangkan dengan metode yang variatif dan memberdayakan potensi seni peserta didiknya dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Sukiman, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Integrasi, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam dan Seni
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: dra. Retno Wuri W
Date Deposited: 18 Nov 2020 13:48
Last Modified: 18 Nov 2020 13:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41234

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum