INTERAKSI PESERTA DIDIK DARI BERBAGAI ETNIS DALAM PENDIDIKAN MULTIKULTURAL KELAS VI DI SDN BALIREJO YOGYAKARTA

ZUMRATUN, NIM: 17204080039 (2019) INTERAKSI PESERTA DIDIK DARI BERBAGAI ETNIS DALAM PENDIDIKAN MULTIKULTURAL KELAS VI DI SDN BALIREJO YOGYAKARTA. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (INTERAKSI PESERTA DIDIK DARI BERBAGAI ETNIS DALAM PENDIDIKAN MULTIKULTURAL KELAS VI DI SDN BALIREJO YOGYAKARTA)
17204080009_BAB II_III.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text (INTERAKSI PESERTA DIDIK DARI BERBAGAI ETNIS DALAM PENDIDIKAN MULTIKULTURAL KELAS VI DI SDN BALIREJO YOGYAKARTA)
17204080009_BAB1_IV - DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview

Abstract

Adapun yang melatar belakangi penelitian ini adalah SDN Balirejo merupakan salah satu sekolah yang menerapkan pendidikan multikultural yang mana di dalam lingkungan sekolah tersebut baik peserta didik maupun guru itu memiliki perbedaan baik dari segi suku, budaya, ras, maupun agama. Namun meskipun demikian, peserta didik dan guru-guru tetap menunjukkan rasa kekeluargaan ataupun rasa kebersamaan baik dalam hal pendidikan maupun hal lainnya. Penelitian dalam tesis ini, mengacu pada interaksi antar etnis dalam pendidikan multikultural dan mengambil judul Interaksi Pesrta Didik dari Berbagai Etnis dalam Pendidikan Multikultural Kelas VI di SDN Balirejo Yogyakarta. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan multikultural di SD Negeri Balirejo, dan 2) Untuk menganalisis interaksi peserta didik dari latar belakang etnis, budaya, dan agama yang berbeda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Implementasi pendidikan multikultural di SDN Balirejo antara lain: a) guru membangun pengetahuan peserta didik melalui penanman ilmu-ilmu sosial, seperti PPKN, IPS serta Agama, b) memberikan contoh tentang keanekaragaman etnis, suku dan budaya, c) melakukan pembelajaran dengan model dan gaya mengajar yang bervariasi, d) membuat kegiatan yang memberikan kesempatan kepada seluruh warga untuk dapat berinteraksi dengan baik dan kondusif, dan e) menanamkan sikap positif terhadap peserta didik agar memiliki prasangka yang baik tentang keragaman etnis, suku dan maupun budaya. Kedua, Interaksi peserta didik dari latar belakang etnis, budaya dan agama yang berbeda di SDN Balirejo Yogyakarta adalah berlangsung dengan baik, dimana bentuk interaksi yang terjadi adalah berupa hubungan kerja sama (asosiatif) dan konflik atau pertikaian (disosiatif) serta memiliki pola interaksi akulturasi, paternalisme, integrasi dan pluralisme. Adapun beberapa kegiatan ekstrakurikuler yang melandasi interaksi tersebut seperti: tilawah, kaligrafi, membatik, tari dan pencaksilat.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hj. Sri Sumarni, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Interaksi Sosial, Etnis, Pendidikan Multikultural.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2) > Konsentrasi Guru Kelas
Depositing User: dra. Retno Wuri W
Date Deposited: 18 Nov 2020 13:48
Last Modified: 18 Nov 2020 13:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41238

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum