PENGEMBANGAN MODUL PROGRAM MENTORING DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA DI SD IT LUQMAN AL HAKIM YOGYAKARTA

SAID FIRDAUS, NIM: 17204010018 (2019) PENGEMBANGAN MODUL PROGRAM MENTORING DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA DI SD IT LUQMAN AL HAKIM YOGYAKARTA. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL PROGRAM MENTORING DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA DI SD IT LUQMAN AL HAKIM YOGYAKARTA)
17204010018_BAB I_IV_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL PROGRAM MENTORING DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA DI SD IT LUQMAN AL HAKIM YOGYAKARTA)
17204010018_BAB II_III.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Adapun latar belakang penelitian ini adalah perlunya pengembangan dari program mentoring SD IT Luqman Al Hakim Yogyakarta agar pembinaan akhlak siswanya semakin efektif dan efisien membina akhlak siswanya. Maka peneliti menawarkan solusi berupa pengembangan modul kegiatan mentoring yang tersusun rapi dan sistematis untuk pembinaan akhlak siswa . Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana analisis pengembangan modul program mentoring dan bagaimana desain pengembangan modul program mentoring di SD IT Luqman Al Hakim Yogyakarta. Subjek dalam penelitian ini adalah pengelola mentoring SD IT Luqman Al Hakim Yogyakarta yang ditunjuk oleh kepala sekolah dan siswa SD IT Luqman Al Hakim Yogyakarta yang berjumlah 134 siswa, sedangkan objeknya adalah analisis pengembangan modul program mentoring dan desain pengembangan modul program mentoring di SD IT Luqman Al Hakim Yogyakarta. Desain penelitian yang diangkat dalam penelitian ini menggunakan desain penelitian research and development (R&D). Tahapan penelitian yang dilalui dalam penelitian ini hanya sampai pada tahap validasi produk oleh ahli dan diperbaiki. Hasil penelitian ini adalah (1) Analisis pengembangan modul program mentoring Bimbingan Pribadi Islami di SD IT Luqman Al Hakim Yogyakarta, yaitu berupa perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program mentoring di SD IT Luqman Al Hakim Yogyakarta dikategorikan “Baik”. Namun pada beberapa poin hasil wawancara ditemukan bahwasanya pelaksanaan mentoring belum berjalan dengan maksimal. (2) Pembinaan akhlak siswa melalui program mentoring di Sekolah Dasar Islam Terpadu Luqman Al Hakim Yogyakarta dikategorikan posisi “Baik Sekali”, karena angka persentase akhir yang diperoleh adalah 80,48%. Namun walau demikian, peneliti menemukan beberapa catatan: a) Siswa kesulitan memahami beberapa materi mentoring, b) Siswa bosan dan sulit memahami beberapa materi mentoring. (3) Desain modul mentoring akhlak BPI disusun berdasarkan indikator kesesuaian materi, keakuratan materi, pendukung materi pembelajaran, teknik penyajian, pendukung penyajian, kelugasan bahasa, komunikatif, kesesuaian bahasa dengan tingkat perkembangan siswa, keruntutan dan keterpaduan alur pikir, penggunaan istilah, materi mentoring pendidikan akhlak, ukuran modul, dan desain isi modul. Penilaian ahli terhadap prototipe modul mentoring akhlak ini memperoleh rata-rata nilai dengan kategori sangat baik dan baik serta memperoleh saran yang selanjutnya digunakan sebagai dasar dalam tahap revisi modul.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. H. Hamruni, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Modul, Pembinaan Akhlak, Mentoring.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2) > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: dra. Retno Wuri W
Date Deposited: 18 Nov 2020 13:47
Last Modified: 18 Nov 2020 13:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41246

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum